Home / Advertorial / Berita Update

Rabu, 3 November 2021 - 20:53 WIB

Lewat Donor Darah, Silaturahmi Antarkomunitas Di Madiun Makin Erat

Kegiatan donor darah

Kegiatan donor darah " Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021" di Madiun ( Ist)

Magetan Today – (MADIUN)
Kegiatan donor darah ” Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021″ di Madiun digelar dalam dua sesi. Sesi pertama berlangsung pada 19 Oktober 2021 di Lapangan Desa Jiwan Kabupaten Madiun, sementara sesi kedua diselenggarakan pada 23 Oktober 2021 di Kedai Ben Ayem, Madiun.

Koordinator Acara Belladira mengatakan, kegiatan donor darah sesi pertama dihadiri 7 komunitas Heppiii Community yakni Tunas Muda Jiwan, Pemuda-pemudi Ngubalan, Ridho Pangeran, Kompak Keron, Baleasri, Pemuda Asem, Dasa Mulya. Sedangkan donor darah di Kedai Ben Ayem diikuti 5 komunitas Bold Riders (Kracker Romawi, CBR Club Indonesia Madiun, Madiun Club Ninja, R15 Club Madiun, Ngawi Ninja Club, Community Ninja Magetan), dua komunitas Super Friends (ICI Madiun dan Red Army). Selain itu ada juga satu komunitas musik Madiun Lingkup Karya serta 1 komunitas Mobil Jazz Fit Club Madiun.

Komunitas yang terlibat dalam kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA). Untuk menggugah semangat nasionalisme dan jiwa kebangsaan diantara ribuan anggota komunitas, Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) kembali menggelar kegiatan donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’. Kegiatan yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda ini akan melibatkan lebih dari 800 komunitas dengan ribuan anggota di 88 Kota/Kabupaten di Indonesia Timur.

Dalam dua sesi donor darah tersebut, total jumlah peserta yang ambil bagian adalah 68 orang. Dari jumlah tersebut, diperoleh 52 kantong darah. Menurut Belladira, sumbangan darah dari komunitas tentu sangat bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan.

“Dengan adanya kegiatan donor darah ini, teman-teman tidak sekadar memberikan manfaat bagi orang lain. Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk bersilaturahmi antarkomunitas. Di Desa Jiwan, komunitas Heppiii Community langsung membuat sesi sharing Ngopi Heppiii. Begitu juga dengan anak-anak Bold Riders hingga komunitas mobil yang langsung menggelar kopdar di Kedai Ben Ayem. Artinya donor darah ini mempersatukan teman-teman komunitas,” ungkap Ibel, sapaan karib Belladira, Kamis (28/10).

Program donor darah ” Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021″ ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah di inisiasi oleh Kolaborasi KITA sejak tahun 2020. Program tersebut diantaranya ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’ yang dilakukan bersamaan dengan momentum Hari Raya Kurban 1442 H pada 20-23 Juli 2021. Selain itu, ada juga program Tanggap Bencana (Tagana) KITA yang merupakan kegiatan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana.

Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi kita didukung berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur.

Kegiatan donor darah ” Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021″ juga diharapkan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.

Berita ini 22 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Ingin Bergaya, ABG Rampas Mobil Travel.

Berita Update

Lima Embung Ditarget Rampung 2021

Berita Update

Rp 2,3 Miliar, Untuk Seragam Atasan ASN.

Berita Update

Besok, DPRD Gelar Paripurna Pergantian Ketua

Berita Update

PDP Meninggal Dari Kecamatan Barat Positif Corona.

Berita Update

Pansel Buka Lowongan Direktur Keuangan, Direktur Teknik PDAM Pilih Mundur.

Berita Update

Kejari Mulai Garap Korupsi Desa.

Berita Update

Begini Upaya Gugus Tugas Magetan Tekan Penyebaran Covid-19.