Home / Berita Update

Selasa, 5 Maret 2019 - 17:18 WIB

TMMD TNI Ke 104 Magetan, Membangkitkan Asa Warga Di Perbatasan.

Komandan Kodim 0804 Magetan,Letkol CZI,Chotman J. Arisandy dan Kepala Dinas PUPR Magetan, Hergunadi Meninjau Proyek Jalan Tembus Wonogiri-Magetan Didesa/Kecamatan Poncol. ( Norik/Magetan Today)

Komandan Kodim 0804 Magetan,Letkol CZI,Chotman J. Arisandy dan Kepala Dinas PUPR Magetan, Hergunadi Meninjau Proyek Jalan Tembus Wonogiri-Magetan Didesa/Kecamatan Poncol. ( Norik/Magetan Today)

Magetan Today
Pembangunan jalan didesa/Kecamatan Poncol sepanjang 2,1 Km oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam rangka Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Tahun 2019 ibarat membangkitkan asa warga yang telah lama terkubur.

Mereka yang hidup diperbatasan Jawa Tengah- Jawa Timur bertahun – tahun harus menelan pil pahit karena merasakan kesenjenjangan pembangunan infrastruktur dari dua Kabupaten, Kabupaten Wonogiri,Jateng dan Kabupaten Magetan,Jatim.

Akhirnya, harapan itu bertuah tatkala program TMMD TNI ke 104 diarahkan ke Desa/ Kecamatan Poncol. Ratusan Personil TNI, Polri bersama warga bahu – membahu merehablitasi jalan yang menyambung Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Magetan.

Jalan sempit makadam (berbatu) yang dulunya selebar 3 meter bakal disulap menjadi 3,6 meter dengan lapisan aspal. ” Kita tambahkan 60 cm dikedua sisinya, agar lebar dan kendaraan R4 dapat melintas dengan lancar,” kata Letkol CZI,Chotman J. Arisandy, Komandan Kodim 0804 Magetan, Selasa (5/3).

Letkol Aris sapaan akrab Komandan Kodim 0804 Magetan dikalangan wartawan, terus memantau setiap meter perkembangan proyek jalan persembahan TNI untuk rakyat Desa/ Kecamatan Poncol tersebut. ” Harapan kami tanggal 15 Maret semua pekerjaan tinggal finishing. Hari ini 70% cor selesai sedangkan aspal mencapai 40% semoga cepat selesai dan dimanfaatkan seluruh rakyat di kedua Kabupaten beda Provinsi,” ungkapnya Kepada Magetan Today.

Dikatakan Letkol Aris, TNI berharap rampungnya jalan sepanjang 2,1 Km dapat meningkatkan perekonomian warga Desa Poncol yang mayoritas berprofesi sebagai petani dan peternak tersebut.” Semoga dengan jalan yang kita bangun hari ini, dapat termanfaatkan hingga anak cucu kita mendatang, khususnya warga desa Poncol,” harap Komandan Kodim 0804 Magetan.

Menurut Aris, peran serta masyarakat desa Poncol sangat membantu suksesnya TMMD Ke 104 Magetan. Mulai dari Pemerintah desa hingga rakyat, secara tulus menerima personil TNI ditengah-tengah warga sejak program TMMD hadir didesa Poncol.” Terima Kasih kepada seluruh rakyat desa Poncol, mereka memberikan suntikan semangat kepada kami semua ( TNI),” ulasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan, Hergunadi, mengatakan PemKab Magetan mendukung penuh program TMMD TNI di Kabupaten Magetan. PemKab Magetan dan Kodim 0804 Magetan bersama-sama mewujudkan mimpi warga desa Poncol agar dapat menikmati infrastruktur yang layak. ” Bersama TNI, Pemkab Magetan merehabilitasi jalan di desa Poncol sepanjang 2,1 Km yang sebelumnya kurang layak agar lebih baik,” ujar Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magetan.

Rehabilitasi jalan tembus Magetan- Wonogiri diharapkan mampu mengerek perekonomian warga desa/ Kecamatan Poncol seiring lalu-lalang kendaraan yang melintas dijalan tersebut. ” Secara otomatis jika jalan baru dibuka, aktivitas hilir mudik kendaraan akan ramai, selanjutnya akan berdampak pada warga setempat,” jelas Hergunadi.

Sriyanto, warga Desa/ Kecamatan Poncol mengaku berterima kasih kepada TNI atas program TMMD ke 104 yang diarahkan ke desanya. Pembangunan jalan tembus Wonogiri- Magetan diyakini bakal berdampak pada kesejahteraan seluruh warga desa Poncol. ” Kami sekarang dapat bangga sebagai warga Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur dengan kondisi jalan penghubung yang bagus. Sebelumnya, maaf kami malu dengan warga Desa Sukorejo, Kecamatan Pohpelem, Kabupaten Wonogiri dengan kondisi jalan yang bertahun – tahun rusak,” pungkasnya.

Sebagai informasi,TMMD Ke 104 bertema ” Melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa, Kita Tingkatkan Imunitas Bangsa Guna Mewujudkan kesejahteraan Masyarakat”, tidak hanya mempersembahkan jalan layak bagi warga diperbatasan Jatim-Jateng,TNI juga merehabilitasi rumah ibadah,Pos Kampling serta perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) warga setempat.

Berita ini 598 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Bongkar Kasus Ijasah, Dikpora Bentuk Tim Investigasi.

Berita Update

Gaji P3K Belum Dianggarkan PemKab

Berita Update

Amankan Idul Fitri,Kapolres Terjunkan 431 Personil

Berita Update

Pasien Rujukan Positif Covid-19. Bupati Tetapkan Magetan Siaga Corona.

Berita Update

Rumah Ambruk, Timpa Janda Tua

Berita Update

Tambah 1 Dari Kecamatan Takeran, Jumlah Positif Korona 46 Kasus.

Berita Update

2 KPPS Gugur, Ketua Dewan Ungkapkan Rasa Belasungkawa

Berita Update

Setelah Risma, Tjahjo Kumolo Dikabarkan Akan Kunjungi Magetan.
error: