Home / Hukum & Kriminal / Peristiwa

Senin, 9 Desember 2019 - 14:20 WIB

Dugaan Korupsi Dana Desa Baleasri Naik Penyidikan.

Muhamad Rizal Sumadiputra, Kajari Magetan. ( Norik/Magetan Today)

Muhamad Rizal Sumadiputra, Kajari Magetan. ( Norik/Magetan Today)

Magetan Today
Dugaan korupsi Dana Desa (DD), Desa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo, yang ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan, naik status dari Penyelidikan menjadi Penyidikan.

Calon tersangka dugaan penyelewengan dana desa tahun 2017/2018 yang merugikan negara berkisar Rp 200 juta tersebut, juga telah dikantongi Kejari Magetan.

” Dua alat bukti telah siap, namun kami akan mengembangkan pemeriksaan kasus korupsi ini,” kata Muhamad Rizal Sumadiputra, Kajari Magetan, Senin (9/12).

Dijelaskan Kajari, setelah digarap pertengahan September 2019, sejak 22 November kasus dugaan korupsi Dana desa Baleasri telah dinaikan ke tahap Penyidikan.

Sebab, penyidik menemukan sejumlah pekerjaan dan pengadaan fiktif yang dilakukan pejabat desa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo.

” Selain pekerjaan proyek bangunan yang kami asumsikan Fiktif, ada juga pengadaan ATK fiktif. Perangkat desa nekat memalsukan stempel nama toko untuk SPJ, ” jelas Muhamad Rizal Sumadiputra.

Kejari Magetan juga menyoal berkas belanja publikasi media massa yang dikontrak oleh Pemerintah desa ( Pemdes) Baleasri. Lembaga anti rasuah itu akan memeriksa sejumlah saksi terkait legalitas media massa tersebut.

” Dalam pemeriksaan saksi, ada kontrak dengan salah satu media massa di Kabupaten Magetan, Kita akan minta keterangan lembaga Negara terkait Legalitas Media ini, karena akan kita sertakan dalam kerugian negara jika ternyata legalitas Media tersebut tidak sesuai dengan aturan perundang- undangan,” pungkas Muhamad Rizal Sumadiputra.

Share :

Baca Juga

Pemerintahan-Politik

Bupati Bakal Terapkan Sekdes “Pinjam Pakai”

Pemerintahan-Politik

Dihadapan Dewan, Bupati Pastikan Hukum ASN “Calo” CPNS.

Pemerintahan-Politik

Anggaran DPRD Rp 5,5 Miliar Dialihkan Untuk Tangani COVID-19.

Pemerintahan-Politik

Harga Migor Curah Di Magetan Tidak Sesuai HET Permendag Nomor 11 Tahun 2022

Peristiwa

Bawa Pulang 11 Medali, Target KONI Tercapai.

Kesehatan

1.000 Siswa SMKN 1 Bendo Disuntik Vaksin.

Pemerintahan-Politik

Suprawoto Berhasil Pertahankan Tradisi WTP.

Pendidikan

Dituding Tarik Pungutan Paskibraka, Ini Kata Kepala Dinas Pendidikan
error: