Home / Berita Update / Pariwisata

Rabu, 18 April 2018 - 17:16 WIB

Raja Yogyakarta Bakal Kunjungi Magetan, Ini Sambutan Bupati Sumantri.

Magetan Today
Akhir pekan ini, Kabupaten Magetan bakal menyedot perhatian warga Jawa Timur serta rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pasalnya, Sri Sultan Hamengkubuwono X (sepuluh) dikabarkan bakal berkunjung ke Kabupaten Magetan.

Sambutan untuk Raja Yogyakarta oleh Bupati Magetan, Sumantri, juga sangat meriah. Selama sepekan penuh, Pemkab Magetan menggelar berbagai hiburan bertajuk ” Muhibah Budaya Magetan Kumandang ” di Alun-alun Magetan, mulai Selasa (17/4) hingga Minggu (22/4) mendatang.

Dikatakan Bupati Magetan, Sumantri, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magetan, Muhibah Budaya Magetan Kumandang merupakan perpaduan budaya Kraton Kesultanan Yogyakarta dengan Kabupaten Magetan. ” Magetan adalah bagian dari Mataram, Sri Sultan Hamengkubuwono datang ke Kabupaten Magetan untuk melestarikan keberadaan Mataram di Jawa Timur,” kata Bambang Trianto, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magetan, Rabu (18/4).

Dijelaskan Sekda, sejumlah agenda budaya bakal digelar untuk menyambut Raja Yogyakarta, mulai pameran benda purbakala dari Yogyakarta dan Magetan, seni tari Kraton, serta pameran produk unggulan rakyat Kabupaten Magetan. ” Sri Sultan bakal mengunjungi sejumlah lokasi di Kabupaten Magetan, termasuk menikmati pagelaran budaya wayang kulit bersama Bupati Magetan, Sabtu (21/4) malam,” ungkap Bambang Trianto.

Informasi yang dihimpun , Gubernur Propinsi Jawa Timur, Soekarwo, juga bakal hadir menyambut Sri Sultan Hamengkubuwono yang juga Gubernur DIY. ” Bapak Gubernur dijadwalkan juga hadir di Kabupaten Magetan menyaksikan Muhibah Budaya di Kabupaten Magetan,” jelas Sekda Magetan.

Kraton Yogyakarta secara rutin menggelar Hibah Budaya diseluruh Propinsi di Indonesia. Kabupaten Magetan terpilih untuk menjadi tuan rumah mewakili Propinsi Jawa Timur. Selain itu, Kabupaten Magetan juga dikenal ada kesamaan kultur Mataram dalam kehidupan budaya dan adatnya. ” Magetan kental dengan adat Mataram, baik kebudayaan serta adat jawanya,” pungkas Bambang Trianto.

Berita ini 1.008 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Ketua Dewan Respek Peran Rakyat Magetan.

Berita Update

Kajari Ingatkan Pejabat Negara Jangan Terima Gratifikasi.

Berita Update

Pasokan Miras Jatah Tahun Baru, Digerebek Polisi.

Berita Update

Magetan Kampanye Stunting

Berita Update

Silpa 2017 Tembus Rp 163 Miliar.

Berita Update

Ada Sumber Air Panas Didesa Ngancar.

Berita Update

Pelaku Pencurian Kotak Amal Di Mushola Takeran Mendapatkan Restorative Justice Oleh Polres Magetan.

Berita Update

Joko Suyono Mundur, Karmini Duduki Kursi Ketua Dewan.
error: