Home / Kesehatan / Peristiwa

Senin, 12 Oktober 2020 - 17:21 WIB

Sukseskan Tetap ber- KB Selama Pandemi Covid-19, Furiana Blusukan Ke Desa.

Kepala Dinas PPKB&P3A Kabupaten Magetan, Furiana Kartini meninjau pelaksanaan pelayanan KB IUD dan Implant dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia tahun 2020. ( Istimewa).

Kepala Dinas PPKB&P3A Kabupaten Magetan, Furiana Kartini meninjau pelaksanaan pelayanan KB IUD dan Implant dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia tahun 2020. ( Istimewa).

Magetan Today
Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) menjadi tantangan tersendiri bagi Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak (PPKB dan P3A) Kabupaten Magetan.

Sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya program Keluarga Berencana (KB) terus dilaksanakan Dinas PPKB dan P3A Kabupaten Magetan. ” Ditengah pandemi Covid-19, kami terus gencar melakukan sosialisasi pentingnya KB bagi keluarga di Kabupaten Magetan,” kata Furiana Kartini, Kepala Dinas PPKB dan P3A Kabupaten Magetan, Senin (12/10).

Diakui Furiana Kartini, periode September 2020 jumlah peserta KB di Kabupaten Magetan telah mencapai 11.308 peserta meski berada ditengah pandemi Covid-19. ” Melalui berbagai program, kita akan terus berupaya mencapai target hingga akhir tahun,” ungkapnya.

Menurut Furiana Kartini, dirinya secara marathon merambah ke wilayah terbawah untuk memberikan sosialissi kepada warga tentang pentingnya keluarga berencana yang akan menghasilkan keluarga berkualitas. ” Masyarakat kita berikan pemahaman terkait keluarga berkualitas melalui program KB,” ujarnya.

Selain masyarakat, sosialisasi juga diberikan kepada Tenaga Kesehatan (Nakes) terkait Standard Operating Procedure (SOP) ketika melakukan tindakan kepada Akseptor. ” Layanan tetap dilaksanakan kepada Akseptor melalui SOP Kesehatan ditengah Pandemi Covid-19,” jelas Furiana Kartini.

Untuk mensukseskan program ” Tetap ber- KB Selama Pandemi Covid-19 ” Dinas PPKB dan P3A Kabupaten Magetan mengerahkan 57 penyuluh serta kader Pembantu Penyuluh KB Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD Tingkat Dusun. ” Semua kader kita aktif bergerak hingga tingkat dusun, untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya KB,” pungkas Kepala Dinas  PPKB dan P3A Kabupaten Magetan.

Sebagai informasi, Dinas PPKB dan P3A Kabupaten Magetan saat ini juga menggelar Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Intrauterine device (IUD) dan Implant. Selain dalam rangka peringatan Hari Kontrasepsi se- Dunia ke 13 yang jatuh pada 26 September, kegiatan ini juga dalam rangka hari jadi ke 345 Kabupaten Magetan.

Dari target perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur sebanyak 752 Akseptor terdiri IUD = 623 Akseptor dan Implat = 129 saat ini  telah tercapai 994 Akseptor  dengan rincian IUD sebanyak 420 Akseptor dan Implant sebanyak 574 Akseptor.

Share :

Baca Juga

Hukum & Kriminal

Atasi Gugatan, RSUD Gandeng Kejaksaan.

Pemerintahan-Politik

Temui Petani, Nanik Sumantri Janji buat Petani Bungah.

Peristiwa

Jabatan Kepala OPD Abadi Dilingkup Pemkab Magetan.

Hukum & Kriminal

Kapolres & Kajari Dipecut Selesaikan Korupsi DLH.

Peristiwa

Bupati Stop Ijin Karaoke?

Pemerintahan-Politik

Besok, DPRD Gelar Paripurna Pergantian Ketua

Peristiwa

Kapolres Magetan Rotasi Sejumlah Kapolsek.

Kesehatan

Rakor Taman Posyandu, Ini Targetnya!
error: