Home / Berita Update / Hukum & Kriminal

Rabu, 23 Maret 2022 - 18:57 WIB

Rumah Restorative Justice Kejari Magetan Diresmikan Bupati Suprawoto.

MAGETAN TODAY - Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan melaunching Rumah Restorative Justice bernama

MAGETAN TODAY - Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan melaunching Rumah Restorative Justice bernama " Omah Rembug " di desa Klagen Gambiran, Kecamatan Maospati, Rabu (23/3).

MAGETAN TODAY – Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan melaunching Rumah Restorative Justice bernama ” Omah Rembug ” di desa Klagen Gambiran, Kecamatan Maospati, Rabu (23/3).

Hadirnya Rumah Restorative Justice diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan ditengah masyarakat hingga tidak sampai berakhir di tahap selanjutnya.

” Tujuanya, jika terjadi permasalahan hukum pada masyarakat bisa kita selesaikan di rumah restorative justice ini, tidak perlu ke tahap – tahap berikutnya, melalui peran tokoh masyarakat, tokoh adat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, kita cukup selesaikan masalah dirumah ini,” kata Atik Rusmiarty, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari ) Magetan.

Dijelaskan Atik, klasifikasi perkara yang dapat dilakukan Restorative Justice jika ancaman hukuman dibawah lima tahun, kerugian dibawah Rp 2,5 juta, bukan residivis dan baru pertama kali melakukan tindak kejahatan. ” Syaratnya mereka saling mau memaafkan, adanya ganti kerugian tentunya dengan klasifikas yang saya sebutkan tadi. Di Propinsi Jawa Timur Rumah Restorative Justice adalah yang ke sembilan,” ungkapnya.

Baca juga :   Di Magetan, Trotoar Alih Fungsi Jadi Area Parkir

Sementara, Bupati Magetan Suprawoto, berharap adanya Rumah Restorative Justice ini dapat menciptakan guyup rukun antar warga setempat, dan tidak ada lagi permasalahan yang berujung ke jeruji besi. ” Kita hidup didesa bertetangga, terlalu rugi jika ada permusuhan hingga turun temurun, kasus pidana itu khan dendamnya terus menerus, semoga adanya Rumah restorative justice dapat menciptakan kedamaian antar sesama,” harapnya.

Baca juga :   Loker Jurnalis Untuk Rubrik Berita Desa

Kapolres Magetan, AKBP Yakhob Silvana Delareskha, mengaku sangat berterima kasih kepada Kejari Magetan atas hadirnya rumah restorative justice di Kabupaten Magetan, karena akan membantu kinerja Polri menciptakan Kamtibmas. ” Terima kasih atas hadirnya rumah restorative justive dari Kejaksaan Magetan, karena dapat membatu kepolisian, kita juga ada restorative justive seperti kejari magetan,” tegas Yakhob Silvana Delareskha.

Sebagai informasi, launching Rumah Restorative Justice di Desa Klagen Gambiran, Kecamatan Maospati oleh Kejari Magetan dihadiri Ketua DPRD Magetan, Sujatno, Kepala OPD serta sejumlah Camat di Kabupaten Magetan.

Berita ini 48 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Suprawoto Berhasil Pertahankan Tradisi WTP.

Berita Update

Magetan Bangkit, Magetan Sehat

Berita Update

DPM -PTSP Tempatkan Satgas Protkes Di MPP Magetan.

Berita Update

Rekomendasi Gugus Tugas, Sarangan Boleh Dibuka!

Berita Update

Anggaran Rp 1,6 Miliar Khusus Selesaikan CPNS dan P3K.

Berita Update

PRONA Ajak Rakyat Jaga Kesatuan.

Berita Update

Razia Karaoke, 13 Wanita Malam Diamankan

Berita Update

Dewan Pers Gelar UKW Di Magetan.
error: