Home / Kesehatan / Peristiwa

Selasa, 21 April 2020 - 19:58 WIB

Kejujuran Anda Menyelamatkan Kita Semua.

Tenaga Kesehatan Kabupaten Magetan. [ Istimewa]

Tenaga Kesehatan Kabupaten Magetan. [ Istimewa]

Magetan Today
Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Dokter Sayidiman berpesan akan pentingnya keterbukaan informasi yang diberikan pasien mengenai riwayat kontak dan riwayat perjalanan kepada para petugas kesehatan, baik ditingkat puskesmas maupun rumah sakit, karena akan berdampak pada keselamatan semua pihak.

Menurut Tim Medis RSUD Magetan, sejumlah pasien terkesan tidak jujur atau menutupi ketika dimintai informasi seputar riwayat mereka. ” Beberapa pasien cenderung menutupi informasi ketika ditanya apakah pendatang atau habis berpergian,” kata dr, Catur Widayat, Direktur RSUD Dokter Sayidiman melalui Endang Sulistyorini, Kepala Instalasi Humas dan Promkes, RSUD Dokter Sayidiman Magetan, Selasa ( 21/4).

Padahal, dengan menyampaikan informasi secara jujur dan benar dokter dan perawat dapat menangani pasien dengan prosedur penanganan yang tepat. Terutama terkait penangan Corona Virus Disease (COVID-19). ” Apablia ditemukan ada riwayat perjalanan dari negara dengan kasus COVID-19 atau pernah kontak dengan pasien positif COVID-19 tim medis dapat memberikan layanan sesuai SOP Covid-19,” jelas Endang Sulistyorini.

Ketidakjujuran dari masyarakat maupun pasien jelas akan berdampak langsung terhadap tim medis, bahkan bukan hanya petugas kesehatan (Nakes) saja tetapi semua orang yang berada di sekitar pasien atau area perawatan pasien.

Diuraikan Endang Sulistyorini, jika seseorang yang membuat orang lain terpapar penyakit atau menghalangi pelaksanaan wabah baik itu sengaja maupun tidak sengaja, maka dapat dikatakan telah melakukan perbuatan pidana yang di golongkan sebagai tindak pidana.

Perkara tersebut dapat dijerat pasal 202-205 KUHP, Pasal 351-355 KUHP, Pasal 155 RUU Kesehatan, Pasal 14 UU nomor 4 tahun 1984 dan pasal 93 UU no 6 tahun 2018 tentang karantina kesehatan. ” Mari pahami bersama, kami berjuang untuk membantu menyelamatkan masyarakat, jadi, selamatkanlah kami dengan kejujuran ibu atau bapak sekalian, ” ungkap Kepala Instalasi Humas dan Promkes, RSUD Dokter Sayidiman Magetan.

Dijelaskan Endang Sulistyorini, Virus corona adalah wabah, bukan aib yang harus ditutupi. ” Mari kita bersama -sama berjuang melawan wabah ini dengan berkata jujur dalam memberikan informasi,” pungkasnya.

“ KEJUJURAN ANDA MENYELAMATKAN KITA SEMUA, KEJUJURAN MENYELAMATKAN ANDA DARI TINDAK PIDANA.”

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Musim Hujan,Waspada Demam Berdarah.

Peristiwa

Versi Puskakom, Suara Masuk 86%, ProNa Unggul 43.48%

Pemerintahan-Politik

Dinas PUPR Kucurkan Rp 30 Miliar Khusus Rehab Jalan LAPEN.

Pariwara

Nomor Urut Cabup Diundi KPU Magetan

Peristiwa

Warem Diobrak, PL dan Penikmat Miras Digelandang Satpol PP.

Pemerintahan-Politik

Paska Pengesahan RUU TPKS, Puan Maharani Minta Presiden Kirimkan Surpres

Peristiwa

Wartawan Droping 20 Ribu Liter Air Bersih

Pariwisata

Venly : Taman Bunga Refugia Digandrungi Wisatawan.
error: