Home / Berita Update / Pemerintahan-Politik

Kamis, 30 April 2020 - 15:04 WIB

BLT Pedesaan Disiapkan Rp 46,5 Miliar.

Eko Muryanto, Kepala Dinas PMD Kabupaten Magetan. ( Norik/Magetan Today)

Eko Muryanto, Kepala Dinas PMD Kabupaten Magetan. ( Norik/Magetan Today)

Magetan Today
Anggaran Rp 46,5 miliar bersumber dari Dana Desa (DD) akan disalurkan untuk warga Kabupaten Magetan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Selama tiga bulan, April, Mei dan Juni, warga Kabupaten Magetan yang tercatat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) akan menerima BLT sebesar Rp 600 ribu per bulan. Sementara, jumlah DTKS Kabupaten Magetan periode Januari 2020 sebesar 75.022 KK.

Namun, bagi penerima bantuan pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), tidak akan mendapatkan BLT. ” BLT untuk warga yang tercatat DTKS, namun belum menerima PKH maupun BPNT,” kata Eko Muryanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Magetan, Kamis (30/4).

Dijelaskan Eko Muryanto, hingga hari ini, Kamis (30/4), baru 107 desa yang telah menyelesaikan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBDes Realokasi penanganan COVID-19 dan persiapan penyaluran BLT. ” Baru 107 desa yang telah selesai PAK APBdes khusus realokasi anggaran COVID dan penyaluran BLT”, ungkap Kadin PMD Kabupaten Magetan.

Sumber pemberian BLT adalah dana desa yang mengucur ke desa dengan besaran 25% – 35% bergantung dari anggaran DD desa setempat. Desa di Kabupaten Magetan menerima DD beragam, mulai Rp 800 juta – Rp 1,2 Miliar per tahun. ” Untuk Dana Desa Rp 800 juta disiapkan BLT 25%, DD sebesar Rp 800 juta- Rp 1,2 Miliar disiapkan untuk BLT 30%, dan Dana Desa sebesar Rp 1,2 Miliar keatas disiapkan untuk BLT sebesar 35%,” pungkas Eko Muryanto.

Berita ini 393 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

AHY Ke Magetan, Jadi Tempat Curhat Rakyat.

Berita Update

Siswa SMKN Bendo Rajai AHSC Nasional.

Berita Update

Vertical Garden Mati, Dewan Siap Dengar Alasan Perkim.

Berita Update

Penyerapan DBHCHT Magetan Molor.

Berita Update

Isi Buku “KPK” Karya Siswa SDN Unggulan, Membuat Bupati Teteskan Air Mata

Berita Update

Nakes Positif Korona, 69 Karyawan Puskesmas Plaosan Isolasi Mandiri

Berita Update

Covid Mereda Di Magetan, Kontrak Kerja Relawan Tidak Diperpanjang.

Berita Update

29 Juni, Mal Pelayanan Publik Kembali Beroperasi.
error: