Home / Berita Update / Pemerintahan-Politik

Kamis, 29 April 2021 - 17:57 WIB

Tidak Harus Kecamatan,Kantor Desa Kini Bisa Layani Adminduk.

Bupati Suprawoto Bersama Kepala Dinas Dukcapil Magetan, Hermawan, Melihat Langsung Layanan Adminduk Desa. ( Norik/MagetanToday).

Bupati Suprawoto Bersama Kepala Dinas Dukcapil Magetan, Hermawan, Melihat Langsung Layanan Adminduk Desa. ( Norik/MagetanToday).

Magetan Today
Bupati Magetan Suprawoto melounching layanan kepengurusan Administrasi Kependudukan ( Adminduk) Desa yang digelar di kantor balai desa Jajar, Kecamatan Kartoharjo, Kamis (29/4).

Jika sebelumnya warga Kabupaten Magetan mengurus Adminduk di Kantor Kecamatan kini mereka dapat dilayani di Kantor desa setempat. ” Di Jawa Timur hanya ada 6 wilayah yang melayani adminduk di kantor desa, termasuk Kabupaten Magetan,” kata Suprawoto, Bupati Magetan, kepada awak media.

Suprawoto menargetkan seluruh desa di Kabupaten Magetan dapat melayani pengurusan Adminduk untuk warganya. ” Akan dilaksanakan Bimtek untuk operator seluruh desa, secepatnya desa – desa di Kabupaten Magetan dapat melayani kepengurusan adminduk,” ungkap Bupati Magetan.

Bupati Magetan mengapreasiasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Magetan terkait program Adminduk Desa tersebut. ” Saya sangat apresiasasi terobosan Dinas Dukcapil atas program Adminduk Desa ini,” tegas Suprawoto.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Magetan, Hermawan, memastikan seluruh adminduk kecuali Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dan Kartu Identitas Anak ( KIA) semua dapat dilayani di kantor desa. ” Kecuali e-KTP dan KIA, semua dapat dilayani di kantor desa,” ujar Hermawan.

Meskipun KIA dan e-KTP belum dapat dicetak di kantor desa, Pemerintah desa (Pemdes) di Kabupaten Magetan akan melayani warganya dengan mengambilkan di kantor Kecamatan setempat. ” Pamong desa akan memberikan layanan kepada warga berupa pengambilan e-KTP dan KIA di Kantor Kecamatan,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Magetan.

Sementara itu, sumber dana pengadaan perangkat Adminduk menggunakan Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat kepada desa – desa di Kabupaten Magetan.” Kita pakai Dana Desa, yang disediakan pemerintah kepada desa,” kata Eko Suprayitno, Kepala Desa Jajar, Kecamatan Kartoharjo.

Program Adminduk Desa dinilai sangat memudahkan warga, karena mereka tidak lagi jauh- jauh ke Kantor Kecamatan untuk mengurus Kartu Keluarga ( KK) maupun Adminduk lainya. ” Program ini sangat membantu, dan terobosan baik dari Dinas Dukcapil Kabupaten Magetan,” pungkas Kades Jajar.

Berita ini 171 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Dihadapan Dewan, Bupati Pastikan Hukum ASN “Calo” CPNS.

Berita Update

Buat Tugu 0Km, Dinas Perkim Sedot Anggaran Rp 450 Juta.

Berita Update

Hati-Hati, Peserta Napak Tilas Tidak Dijamin Asuransi.

Berita Update

7 Bulan Dilantik, Wabup Belum Dapat Rumdin

Berita Update

SOSIALISASI RAPERDA KABUPATEN MAGETAN TENTANG PERUSAHAAN PERSEROAN DAERAH BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH MAGETAN

Berita Update

Kejaksaan Pantau Polemik KUKM Pemkab Magetan

Berita Update

Dinas Dukcapil Mulai Produksi KIA

Berita Update

Dampak Banjir Magetan, 37 Diesel Air Terendam dan 2,2 Km Jalan Rusak.
error: