Home / Pemerintahan-Politik / Peristiwa

Kamis, 29 April 2021 - 17:57 WIB

Tidak Harus Kecamatan,Kantor Desa Kini Bisa Layani Adminduk.

Bupati Suprawoto Bersama Kepala Dinas Dukcapil Magetan, Hermawan, Melihat Langsung Layanan Adminduk Desa. ( Norik/MagetanToday).

Bupati Suprawoto Bersama Kepala Dinas Dukcapil Magetan, Hermawan, Melihat Langsung Layanan Adminduk Desa. ( Norik/MagetanToday).

Magetan Today
Bupati Magetan Suprawoto melounching layanan kepengurusan Administrasi Kependudukan ( Adminduk) Desa yang digelar di kantor balai desa Jajar, Kecamatan Kartoharjo, Kamis (29/4).

Jika sebelumnya warga Kabupaten Magetan mengurus Adminduk di Kantor Kecamatan kini mereka dapat dilayani di Kantor desa setempat. ” Di Jawa Timur hanya ada 6 wilayah yang melayani adminduk di kantor desa, termasuk Kabupaten Magetan,” kata Suprawoto, Bupati Magetan, kepada awak media.

Suprawoto menargetkan seluruh desa di Kabupaten Magetan dapat melayani pengurusan Adminduk untuk warganya. ” Akan dilaksanakan Bimtek untuk operator seluruh desa, secepatnya desa – desa di Kabupaten Magetan dapat melayani kepengurusan adminduk,” ungkap Bupati Magetan.

Bupati Magetan mengapreasiasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Magetan terkait program Adminduk Desa tersebut. ” Saya sangat apresiasasi terobosan Dinas Dukcapil atas program Adminduk Desa ini,” tegas Suprawoto.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Magetan, Hermawan, memastikan seluruh adminduk kecuali Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dan Kartu Identitas Anak ( KIA) semua dapat dilayani di kantor desa. ” Kecuali e-KTP dan KIA, semua dapat dilayani di kantor desa,” ujar Hermawan.

Meskipun KIA dan e-KTP belum dapat dicetak di kantor desa, Pemerintah desa (Pemdes) di Kabupaten Magetan akan melayani warganya dengan mengambilkan di kantor Kecamatan setempat. ” Pamong desa akan memberikan layanan kepada warga berupa pengambilan e-KTP dan KIA di Kantor Kecamatan,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Magetan.

Sementara itu, sumber dana pengadaan perangkat Adminduk menggunakan Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat kepada desa – desa di Kabupaten Magetan.” Kita pakai Dana Desa, yang disediakan pemerintah kepada desa,” kata Eko Suprayitno, Kepala Desa Jajar, Kecamatan Kartoharjo.

Program Adminduk Desa dinilai sangat memudahkan warga, karena mereka tidak lagi jauh- jauh ke Kantor Kecamatan untuk mengurus Kartu Keluarga ( KK) maupun Adminduk lainya. ” Program ini sangat membantu, dan terobosan baik dari Dinas Dukcapil Kabupaten Magetan,” pungkas Kades Jajar.

Share :

Baca Juga

Pemerintahan-Politik

Kumpulkan e-Warung, Dinsos Monitoring Penyaluran Bahan Pangan BPNT

Peristiwa

Sambut Hari Jadi Ke-346 Kabupaten Magetan, Pimpinan Dewan Ziarah Makam RMA Maduretno

Kesehatan

Petugas MPP Telah Tervaksin.

Pemerintahan-Politik

Data Meninggal Akibat Covid Dilaporkan Dirjen Dukcapil.

Pariwisata

Labuh Sarangan Tahun Ini Disebut Bakal Paling Meriah Sepanjang Tahun.

Peristiwa

Majelis Islam Kaffah Gelar Sholat Idul Adha.

Kesehatan

Gerakan ASN Sehat

Pemerintahan-Politik

Disperindag Yakin Proyek Pasar Maospati Selesai Tepat Waktu.
error: