Home / Berita Update / Pemerintahan-Politik

Minggu, 20 Maret 2022 - 16:04 WIB

Disperindag Magetan Minta Pengecer Jual Migor Curah Sesuai HET.

Migor Kemasan Non Premium Atau Curah. ( Jatimnesia)

Migor Kemasan Non Premium Atau Curah. ( Jatimnesia)

MAGETAN TODAY– Harga Minyak goreng (Migor) curah di Kabupaten Magetan tidak sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Pemerintah melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Penetapan HET Minyak Goreng Curah.

Jika Permendag 11/2022 menetapkan HET Migor curah sebesar Rp 14.000 / liter – Rp 15.500/Kilogram, disejumlah pasar tradisional di Kabupaten Magetan Migor curah dihargai Rp 23.500/ liter, salah satunya di pasar Plaosan, Kecamatan Plaosan.

Masyarakatpun kelabakan dengan meroketnya harga Migor khususnya curah yang melebihi HET tersebut. ” Kami keberatan dengan harga minyak seperti ini, harga minyak satu kardus sampai Rp. 320.000 padahal Sebelumnya cuma Rp. 210.000, ” kata Siti Rohmah (32), salah satu pembeli Migor di Pasar Plaosan, Minggu (20/3).

Baca juga :   Capaian Vaksin Tinggi, Magetan Gelar PTM 100 %.

Padahal Permendag 11/2022 mewajibkan seluruh pengecer Migor curah menerapkan HET tersebut kepada konsumen. Bagi pengecer Migor curah yang melanggar akan dikenai sanksi administratif, mulai penghentian kegiatan hingga pencabutan perijinan berusaha.

Pengenaan sanksi kepada Pengecer nakal, dapat dilakukan Kepala daerah melalui mandat kepada Kepala dinas yang membidangi perdagangan, aturan tersebut terurai jelas pada Permendag 11/2022 yang diterbitkan 16 Maret lalu.

Baca juga :   Cegah Korupsi, Kejari Magetan Sosialisasi PPS dan LA.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdangan (Disperindag) Kabupaten Magetan, Sucipto, mengaku akan menggelar Inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar tradisional terkait laporan harga Migor curah tidak sesuai HET tersebut. ” Akan kami tegur dan kami sosialisasikan, karena minyak goreng curah ada HET-nya,” ungkapnya.

Sucipto meminta pengecer Migor curah dapat menerapkan HET sesuai Permendag 11 / 2022 yang mulai berlaku 16 Maret lalu. ” Saya berharap kepada pengecer tetap mentaati aturan dengan menjual minyak goreng curah sesuai HET,” pungkasnya.

Berita ini 26 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Gelar E-Voting, Magetan Jadi Jujugan Studi Banding

Berita Update

Proyek Embung Ringin Agung Disiapi Rp 2 Miliar.

Berita Update

Pimpinan Dewan Jatah PDIP dan PKB Masih Kosong.

Berita Update

103 Ribu Lansia Magetan Jadi Target Vaksin Booster.

Berita Update

Petarung MMA, Suwardi Ingin Temui Bupati

Berita Update

Polres Magetan Siagakan Robot Di Pospam Cemorosewu.

Berita Update

Lapangan Stadion Rusak Parah, Dewan : OPD Pemberi Ijin Ceroboh!

Berita Update

Twinroad Ruas Tinap- Sugihwaras Rampung Tahun Ini.
error: