Home / Berita Update / Pemerintahan-Politik

Minggu, 12 Agustus 2018 - 16:59 WIB

Di Magetan, 154.338 Anak Belum Punya KIA.

Hermawan, Plt Kepala Disnakertrans Kabupaten Magetan. ( Norik/Magetan Today)

Hermawan, Plt Kepala Disnakertrans Kabupaten Magetan. ( Norik/Magetan Today)

Magetan Today
Hingga periode Juli 2018, jumlah anak di Kabupaten Magetan yang memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) baru berkisar 4 ribuan anak, dari total jumlah anak usia 0-17 sebanyak 158.338.

Padahal, melalui Permendagri No 2 Tahun 2016, pemerintah mewajibkan anak usia 0-17 memiliki KIA.

KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara, sesuai Pasal 2 Permendagri No 2 Tahun 2016.

Disisi lain, Pemkab Magetan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Magetan, menggelontorkan dan ratusan juta rupiah untuk program KIA kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Magetan.

Data yang dihimpun Magetan Today, APBD Magetan tahun 2018 disedot Rp 316 juta oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Magetan, untuk pengadaan Printer KIA serta belanja cetak dan pengggandaan Blangko KIA.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Magetan, Hermawan, mengaku jika dirinya selama ini telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang KIA. ” Kami selalu sosialisasi KIA kepada masyarakat,” ujarnya kepada Magetan Today, Minggu (12/8).

Namun, sejumlah masyarakat yang memiliki anak balita di Kabupaten Magetan, mengaku belum paham kartu untuk identitas anak tersebut. ” Kok belum tahu ya mas, untuk apa KIA tersebut,” ungkap Lestari (25) warga Kecamatan Maospati.

Sebagai informasi, KIA diterbitkan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota. Pemohon KIA wajib menyerahkan Kartu Tanda Penduduk ( KTP) suami istri, Kartu Keluarga ( KK), Akta Kelahiran, serta photo anak berwarna dengan background merah yang lahir tahun ganjil dan background biru untuk anak yang lahir tahun genap.

Berita ini 550 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Jelang Peluit Liga 3, Ini Kebingungan Persemag.

Berita Update

Labuh Sarangan Tahun Ini Disebut Bakal Paling Meriah Sepanjang Tahun.

Berita Update

Rp 2,3 Miliar, Untuk Seragam Atasan ASN.

Berita Update

SOSIALISASI RAPERDA TENTANG RETRIBUSI JASA USAHA KABUPATEN MAGETAN

Berita Update

86 Karyawan RSUD Jalani Swab Test.

Berita Update

Polemik Lelang Lemot, Sekda Ngaku Telah Panggil Kepala OPD.

Berita Update

Aturan PMK, Buruh Tani Tembakau Dapat BLT Dana Cukai, Plt Kabag Perekonomian : Untuk BLT tidak ada!

Berita Update

Lagi, Aeromodelling Sumbang Medali.
error: