Home / Pemerintahan-Politik / Peristiwa

Minggu, 19 Januari 2020 - 18:16 WIB

Dewan Prihatin Dugaan Korupsi DD Baleasri.

Suratman, Wakil Ketua DPRD Magetan. ( Norik/Magetan Today)

Suratman, Wakil Ketua DPRD Magetan. ( Norik/Magetan Today)

Magetan Today
Kasus dugaan proyek fiktif yang terjadi di desa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo, yang saat ini ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan mengundang keprihatinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magetan.

Dana Desa (DD) yang seharusnya bermanfaat untuk rakyat, malah disalahgunakan oleh oknum yang terlibat dalam praktik korupsi tersebut.

” Atas nama lembaga DPRD Magetan, kami prihatin dengan kasus di Baleasri, Kecamatan Ngariboyo,” kata Suratman, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magetan, Minggu (19/1).

Suratman berjanji akan memanggil Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, untuk dimintai keterangan perihal dugaan proyek fiktif didesa Baleasri tersebut.

” Akan kami undang OPD terkait, agar kami dijelaskan seluk beluknya, kenapa bisa ada pekerjaan fiktif menggunakan Dana Desa dua tahun berturut-turut,” jelasnya.

Dewan tidak ingin ada anggapan dari publik, di Kabupaten Magetan tidak ada lembaga yang mengawasi pelaksanaan Dana Desa yang digelontorkan Pemerintah pusat untuk kesejahteraan rakyat.

” Kami tidak ingin, seolah – olah tidak ada pengawasan pelaksanaan Dana Desa, jadi kami akan reaktif terkait kasus ini,” ujar Suratman kepada Magetan Today.

Suratman mengingatkan, korupsi Dana Desa di Kabupaten Magetan sebelumnya terjadi di Desa Sempol, Kecamatan Maospati Tahun 2019. Bahkan, Mantan Kades Sempol, Ngadeni, dijatuhi hukuman 2 tahun 6 bulan dan denda Rp 50 juta oleh PN Tipikor Surabaya, 31 Januari 2019 lalu.

” Seharusnya kasus korupsi Dana Desa di Desa Sempol, Kecamatan Maospati dapat menjadi pelajaran semua desa, Ironisnya kembali terjadi di Kabupatem Magetan,” pungkas Politisi Partai Golkar tersebut.

Sebagai informasi, Satuan Khusus Pemberantasan Korupsi Kejari Magetan menggeledah Kantor Desa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo, Kamis ( 16/1) lalu. Penggeledahan Kantor Desa Baleasri terkait dugaan korupsi Dana Desa Tahun anggaran 2017 dan 2018.

Share :

Baca Juga

Pemerintahan-Politik

Probolinggo Ikuti Jejak Pilkades e-Voting Magetan.

Pariwara

Cegah Pernikahan Dini, 5 Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang Sosialisasi Di SMP Negeri 2 Barat.

Pemerintahan-Politik

Warga Desa Tanjung Sepreh Lurug Kantor Perijinan, Ini Tuntutanya!

Peristiwa

4 Bayi Lahir Di RSUD Sayidiman Bertepatan HUT Ke 347 Magetan.

Pemerintahan-Politik

Lanjutan PSDKU UNESA, Bupati Surati Dewan!

Pemerintahan-Politik

APBD Triliunan, 12 Kecamatan Masuk Kategori Miskin.

Hukum & Kriminal

TSK Mau Pensiun, Kasus Korupsi DLH Masih Terkatung-Katung

Hukum & Kriminal

Kapolres Sebut Tetapkan 3 Tersangka Kasus Sampah DLH.
error: