Home / Pemerintahan-Politik / Peristiwa

Selasa, 23 Juni 2020 - 16:53 WIB

Trotoar Ramah Khusus Disabilitas

 Trotoar Jalan Yos Sudarso Dilengkapi Guiding Block. ( Norik/Magetan Today).

Trotoar Jalan Yos Sudarso Dilengkapi Guiding Block. ( Norik/Magetan Today).

Magetan Today
Trotoar sejatinya merupakan fasilitas seluruh pejalan kaki, tidak terkecuali para penyandang Disabalitas.

Saat ini Pemerintah kabupaten (Pemkab) Magetan tengah mempercantik trotoar sepanjang ruas jalan protokol, termasuk kelengkapan Guiding Block (Jalur Disabilitas).

Pantauan #magetantoday, sejumlah trotoar diruas jalan area Kota Magetan kini telah dilengkapi Guiding Block, sebagai fasilitas pejalan kaki penyandang disabilitas. ” Kita lengkapi semua trotoar dengan guiding block, agar ramah untuk para pejalan kaki,” kata Hergunadi, Kepala Dinas PekerjaanUmum dan Penataan Ruang ( PUPR) Kabupaten Magetan, Selasa (22/6).

Disisi lain, hak pejalan kaki sendiri telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22Tahun 2009. Disebutkan pada pasal 45, definisi trotoar adalah salah satu fasilitas pendukung penyelenggaraan lalu lintas. Sedangkan pasal 131 diatur bahwa, pejalan kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung yang berupa trotoar, tempat penyeberangan dan fasilitas lain.

Peraturan lain mengenai trotoar juga diatur pada Peraturan Pemerintah nomor 34 tahun 2006 tentang Jalan. Berdasarkan pasar 34 ayat 4 disebutkan,trotoar, hanya diperuntukkan bagi lalu lintas pejalan kaki.

Disisi lain Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magetan meminta warga Kabupaten Magetan ikut menjaga trotoar yang telah dipercantik Pemkab Magetan. ” Mari kita jaga sama – sama, agar pembangunan ini dapat dinikmati seluruh rakyat Magetan,” pungkas Hergunadi.

Share :

Baca Juga

Pemerintahan-Politik

Kartini – Kartini Magetan Dipucuk Pimpinan.

Hukum & Kriminal

Mayat Telanjang di Alastuwo.

Peristiwa

Joko Suyono Sowan Kyai

Pemerintahan-Politik

Gencar OP,Stok Pangan Dipastikan Aman.

Pemerintahan-Politik

Pelantikan Belasan Kepala Dinas Masih Gelap.

Pendidikan

Aplikasi e-perpusdamgt Siap Diunduh

Pemerintahan-Politik

Proyek Kios Agro Jadi PR Uswatul Chasanah

Peristiwa

Disperindag Kuatkan Jargon “Mataku”
error: