Home / Berita Update / Pemerintahan-Politik / Polemik

Senin, 29 Juli 2019 - 05:38 WIB

166 Desa Gagal Pilkades e-Voting

Suprawoto, Bupati Magetan. ( Norik/Magetan Today).

Suprawoto, Bupati Magetan. ( Norik/Magetan Today).

Magetan Today

Pemilihan Kepala desa (Pilkades) serentak dengan sistem e-Voting di 184 desa se-Kabupaten Magetan gagal digelar Pemerintah kabupaten (Pemkab) Magetan.

Bupati Magetan, Suprawoto, memilih hanya menggelar 18 desa atau satu per Kecamatan untuk Pilkades e-Voting. “ Kita gelar tiap Kecamatan satu desa, untuk Pilkades e-Voting,” kata Bupati kepada Magetan Today.

Padahal sebelumnya, Pemkab Magetan telah menyiapkan anggaran Rp 1,6 Miliar untuk pelaksanaan Pilkades serentak bersistem e-Voting. Anggaran ini diklaim lebih hemat jika dibanding menggelar Pilkades sistem “ coblosan” dengan budget yang wajib disiapkan Pemkab Magetan sebesar Rp 7 Miliar.

Usut punya usut, Bupati Magetan ternyata menerima surat dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 141/4765/BPD. Terkait Penjelasan Interval Waktu Dalam Pilkades Serentak pada 2 Juli 2019 lalu.

Dalam surat yang diteken Dirjen Bina Pemerintahan desa, Nata Irawan, meminta Bupati patuh pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 112 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades).

Dijelaskan pada Pasal 3, Pemilihan Kepala Desa satu kali sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 dilaksanakan pada hari yang sama di seluruh desa pada wilayah Kabupaten/Kota. “ kita dapat surat dari Mendagri, dan kita wajib taat.” pungkas Suprawoto, Bupati Magetan.

Berita ini 1.645 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Pejabat Peserta Lelang Jabatan Terkatung-Katung.

Berita Update

Adpel Samsat Ajak Manfaatkan Program Pemutihan.

Berita Update

Deadline, 4 Toko Berjaringan Tutup!

Berita Update

Sekian Lamanya, Kursi Direktur PDAM (Masih) Kosong?

Berita Update

Giling 2018, Target PG Poerwodadi Tembus 18,500 ribu Ton Gula.

Berita Update

Jelang UN SMP, Ketua: Kepsek Sedini Mungkin Siapkan Mental Siswa.

Berita Update

Sekwan Belum Terima Pengunduran Diri Nur Wahid.

Berita Update

Bappilu Golkar Magetan Dikukuhkan, Ini Target Pileg 2019.