Home / Berita Update / Kesehatan

Jumat, 5 Januari 2018 - 17:00 WIB

Tiga Warga Suspek Difteri

Furiana Kartini, Plt Kadinkes Magetan

Furiana Kartini, Plt Kadinkes Magetan

Magetan Today
Tiga warga Kecamatan Panekan ditemukan suspek difteri. Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan membenarkan temuan tersebut.” Benar, ada tiga warga Kecamatan Panekan suspek difteri, ” kata Furiana Kartini, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Jumat ( 5/1).

Ketiganya telah mendapatkan vaksin dari Dinas Kesehatan termasuk lingkungan yang kontak langsung dengan pasien.” Sudah kita vaksin, termasuk lingkunganya,” jelas Furiana.

Dikatakan Kadinkes, diduga warga yang terindikasi suspek difteri akibat kondisi lingkungan yang tidak bersih. ” Lingkungannya banyak kandang ayam, sangat kotor,” ungkap Furiana Kartini.

Sebagai informasi, difteri adalah infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa. Difteri disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae.

Bakteri difteri akan menghasilkan racun yang akan membunuh sel-sel sehat dalam tenggorokan, sehingga akhirnya menjadi sel mati. Sel-sel yang mati inilah yang akan membentuk membran (lapisan tipis) abu-abu pada tenggorokan. Di samping itu, racun yang dihasilkan juga berpotensi menyebar dalam aliran darah dan merusak jantung, ginjal, serta sistem saraf.

Berita ini 582 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Venly Optimis PAD Pariwisata Tembus Target

Berita Update

Perangkat dan TTL e-Voting Digembleng BPPT

Berita Update

Begini Upaya Gugus Tugas Magetan Tekan Penyebaran Covid-19.

Berita Update

Kang Woto Ketiban Sampur.

Berita Update

Labuh Sarangan Tahun Ini Disebut Bakal Paling Meriah Sepanjang Tahun.

Berita Update

Bupati Magetan Minta Masyarakat Tidak Termakan Berita Hoak

Berita Update

Jelang Pemilu, Kapolres Ingatkan Jangan Sebar Hoax.

Berita Update

Pilpres 2019, Logistik Linmas Dijatah Rp 360 Juta.
error: