Home / Berita Update / Kesehatan

Minggu, 29 April 2018 - 13:30 WIB

Tes Kesehatan, Calon Haji Lari 1,6 Km.

Calon Jamaah Haji Magetan Lari Keliling GOR Ki Mageti Magetan.

Calon Jamaah Haji Magetan Lari Keliling GOR Ki Mageti Magetan.

Magetan Today

Ratusan calon jamaah haji (Cjh) Kabupaten Magetan, mengikuti pemeriksaan kebugaran Cjh Tingkat Kabupaten oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan di GOR Ki Mageti Magetan,Minggu (29/4).

Tim medis menerapkan metode Rockport Walking Test, yaitu melintasi jarak tempuh sejauh 1,6 km dan dilihat waktu tempuh sesuai kemampuan fisik masing-masing.

Tes kebugaran diawali dengan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis. Kondisi fisik setiap calon haji dicek, seperti tekanan darah dan wawancara mengenai riwayat kesehatan disesuaikan buku kesehatan hasil pemeriksaan kesehatan di puskesmas.

Petugas memberi tanda merah bagi calon haji yang memiliki resiko kesehatan baik memiliki penyakit kronis maupun calon haji usia lanjut. Bagi mereka yang bertanda merah, menjalani six minute walk test yaitu dengan mengukur jarak tempuh seseorang dalam waktu 6 menit.

Kepala Dinas (Dinkes) Magetan, Furiana Kartini, mengatakan, tes kebugaran jasmani bagi calon haji merupakan program nasional yang digelar oleh daerah. ” Kegiatan ini untuk memastikan kebugaran calo haji karena mayoritas ibadah haji membutuhkan kesiapan fisik. Tentunya ini dilakukan sesuai kemampuan masing-masing, apakah bisa tidak menyelesaikan sejauh itu dengan berlari, jalan cepat, atau cukup jalan biasa,” ujarnya, Minggu (29/4).

Tahun ini, jumlah Cjh Kabupaten Magetan sebanyak 353 orang. Para calon haji akan berangkat ke Asrama Haji Surabaya Juli mendatang.

Berita ini 1.513 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Satlantas Gandeng Awak Media dan Nitizen, Ini Targetnya!

Berita Update

Korupsi Dana Desa, Kades Sempol Dijebloskan Penjara.

Berita Update

Trio Kartini Pemegang Amanah Negeri.

Berita Update

Caturwulan Menawan Pemerintahan ProNa.

Berita Update

TMMD Magetan, Pasar Murah Disperindag Diserbu Warga

Berita Update

Pepeling DPM-PTSP Rajin Blusukan

Berita Update

Mimpi Widhi Angkat Derajat “Wong Cilik”

Berita Update

Baleho APBD, Ketua Dewan Minta Manfaatkan Medsos Humas dan Laman Resmi Kominfo.
error: