Home / Berita Update / Pendidikan

Senin, 14 November 2022 - 14:53 WIB

Haul Gubernur Soerjo, Mengenang Gubernur Pertama Jawa Timur.

Sarasehan Haul Gubernur Soerjo Di Pendopo Surya Graha Magetan. ( Septian /MagetanToday).

Sarasehan Haul Gubernur Soerjo Di Pendopo Surya Graha Magetan. ( Septian /MagetanToday).

MAGETAN TODAY – Pemerintah kabupaten (Pemkab) menggelar sarasehan bertajuk “Magetan Rahim Indonesia” dalam rangka Haul Raden Mas Tumenggung (RMT) Ario Soerjo, Sabtu ( 12/11).

Kegiatan yang digelar di ruang jamuan Pendopo Surya Graha (PSG) Pemkab Magetan tersebut menghadirkan dua narasumber sejarah Ari Sapto serta Joko Susanto dan dimoderatori perwakilan Keluarga besar Gubernur Soerjo, Muries Subiyantoro.

Menurut Ari Sapto, RMT Ario Seorjo atau yang dikenal sebagai Gubernur Soerjo merupakan pemimpin yang cerdas dimasanya. Karena Gubernur pertama di Provinsi Jawa Timur (Jatim) tersebut berani mengambil langkah tegas untuk memajukan Indonesia, khusus wilayah Jatim pada masa pemerintahannya.

Baca juga :   Surati Bupati Magetan Wanita Tunanetra Minta Keadilan.

” Gagasan itulah yang kemudian menjadikan pemimpin Jawa Timur bisa meraih sebuah tujuan tertentu, yang memang pada waktu itu semuanya mengarah pada perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan, ” kata Ari Sapto.

Sedangkan dimata Joko Susanto, RMT Ario Soerjo adalah pribadi yang tegas dan hebat sebagai pemimpin dan anak bangsa melalui pemikiran – pemikiran untuk membangun bangsa.” Beliau orang hebat, salah satunya adalah sedikit diantara yang menjadi residen, dan ini menunjukkan bahwa pasti punya skil tertentu, ” kata Joko Susanto menggambarkan Ario Soerjo.

Baca juga :   Catur Widayat Kembali Pimpin RSUD Sayidiman Magetan.

Sebagai informasi, Gubernur Soerjo juga pernah menjabat Bupati Magetan periode 1938 – 1943. Makam Gubernur Ario Soerjo berada dikomplek makam keluarga Kertosasono Mulyo, Jalan Salak, Kelurahan Kepolorejo, Kecamatan Magetan.

Berita ini 25 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Kamar Caleg “Depresi” Dialihkan Untuk Pasien Umum.

Berita Update

3.000 Vaksin Jatah Magetan Datang!

Berita Update

DAS Madiun Meluap, Desa Ngelang Banjir.

Berita Update

Kampus Poltek KP Berdiri Di Magetan.

Berita Update

Disperindag Semprot 21 Pasar Rakyat.

Berita Update

Pileg 2019, PDIP Minta Dukungan Rakyat.

Berita Update

Dirut Sudah Terpilih, PDAM Masih Di Plt.

Berita Update

Kabar CPNS 2018,Ini Rilis BKD Magetan
error: