Home / Berita Update / Pendidikan

Selasa, 8 Juni 2021 - 19:34 WIB

Gedung Literasi Diharapkan Jadi Pusat Peradaban Daerah.

Bupati Magetan, Suprawoto, Wabup Magetan Nanik Endang Rusminiarti, Kajari Magetan Ely Rahmawati,  Kabiro Perencanaan dan Keuangan Perpusnas, Joko Santoso serta Kepala Dinas Arpus Suhadi dalam kegiatan peletakan batu pertama proyek gedung Literasi. ( Norik/MagetanToday)

Bupati Magetan, Suprawoto, Wabup Magetan Nanik Endang Rusminiarti, Kajari Magetan Ely Rahmawati, Kabiro Perencanaan dan Keuangan Perpusnas, Joko Santoso serta Kepala Dinas Arpus Suhadi dalam kegiatan peletakan batu pertama proyek gedung Literasi. ( Norik/MagetanToday)

Magetan Today
Proyek gedung Literasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Magetan di Jalan Raya Sarangan – Sidorejo Kecamatan Plaosan mulai dibangun.

Secara simbolis, Bupati Magetan Suprawoto bersama Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti meletakan batu pertama proyek yang didanai Pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 7,9 Miliar dengan Pagu Anggaran Rp 10 Miliar tersebut.

Bupati Magetan berharap, keberadaan gedung Literasi di Kabupaten Magetan dapat dimanfaatkan oleh warga yang memiliki hobi menulis dengan memanfaatkan literatur yang ada di gedung Literasi yang ditempatkan diarea Taman Bunga Refugia tersebut. ” Kedepan, gedung literasi ini akan terkoneksi dengan Perpusnas serta sumber – sumber informasi secara digital, jadi memudahkan para penulis yang membuat karya ditempat ini,” kata Suprawoto, Selasa (8/6).

Tidak hanya penempatan yang indah diarea Kebun bunga refugia, Gedung Literasi Kabupaten Magetan juga akan dilengkapi berbagai macam sarana dan prasarana yang nyaman untuk pelancong. ” Ada kamar istirahat juga pemandangan yang indah dari Gunung Lawu, semoga dapat dimanfaatkan secara baik untuk para penulis yang datang,” ujar Bupati Suprawoto.

Kabupaten Magetan dinilai Perpustakaan Nasional (Perpusnas) sebagai ladang penulis produktif. Ribuan judul karya tulis ditelurkan oleh sejumlah penulis dari kalangan pendidik berbagai jenjang pendidikan. ” Magetan memiliki potensi besar selaras dengan pencanangan sebagai Kabupaten Literasi. Produktifitas penulis guru juga sangat bagus dalam setahun bisa 1.000 Judul,” ungkap Joko Santoso, Kabiro Perencanaan dan Keuangan Perpusnas.

Joko berharap, hadirnya gedung literasi di Kabupaten Magetan dapat menjadi pusat peradaban dan Intelektual didaerah serta mengungkit kesejahteraan rakyat secara makro. ” Gedung perpustakaan yang bagus dan menarik dapat menjadi pusat peradaban dan intelektual didaerah, produktifitas dan kesejahteraan rakyat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pemenang lelang proyek gedung literasi Kabupaten Magetan senilai Rp 7,9 miliar adalah PT Haidasari Lestari, dengan alamat Jalan Kapuh Nomor 6 RT 3 / RW II, Kecamatan Simpur Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Berita ini 199 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

4 Ribu Orang Ikrar Damai Pilkada Magetan

Berita Update

THR Buruh, Disnaker Tunggu Kebijakan Pemerintah.

Berita Update

Exco Persemag : APBD Dilarang Untuk Dana Sepakbola.

Berita Update

Pengusaha Toko Kelontong Dipahamkan Hukuman Jualan Rokok Bodong.

Berita Update

Kebijakan PemKab “Akhirnya” Dilawan!

Berita Update

2020, Kursi Sekda Jadi Rebutan.

Berita Update

Harga Migor Curah Di Magetan Tidak Sesuai HET Permendag Nomor 11 Tahun 2022

Berita Update

PPKM Darurat, Kejaksaan Tunda Pemanggilan.
error: