Home / Berita Update / Pemerintahan-Politik

Rabu, 5 Desember 2018 - 17:12 WIB

TPS Sarangan Overload, Gunung Sampah Rawan Longsor.

Gunung Sampah di TPS Sarangan. ( Magetan Today)

Gunung Sampah di TPS Sarangan. ( Magetan Today)

Magetan Today
Malapetaka mengancam lahan pertanian milik warga Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan. Gunung sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Telaga Sarangan terancam longsor menimbun area perkebunan milik warga.

Pantauan Magetan Today, gunung sampah dengan diameter kurang lebih 25 meter serta ketinggian 20 meter rawan ambrol akibat curah hujan tinggi dikawasan obyek wisata Telaga Sarangan.

Data yang dihimpun Magetan Today, setiap hari 25 kubik sampah yang berasal dari limbah hotel, restoran serta wisatawan dikirim ke TPS yang berada disisi timur Telaga tersebut.

Selain petaka longsor, gunung sampah juga menjadi sumber bau busuk dikawasan wisata andalan Kabupaten Magetan tersebut. Pelancong yang menikmati keindahan telaga dari sisi timur bakal disuguhi bau tidak sedap tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan, Bambang Setiawan, mengaku telah koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menangani sampah di TPS Sarangan. ” Kita akan tangani secepatnya bersama DLH terkait gunung sampah tersebut,” kata Bambang Setiawan, Rabu ( 5/12).

Diakui Bambang Setiawan, TPS Sarangan telah melebihi batas tampungan, pihaknya berharap dapat menemukan TPS yang baru untuk sampah yang berasal dari kawasan wisata tersebut. ” TPS Sarangan memang sudah overload, kita berupaya mencari TPS baru agar tidak terjadi longsor sampah, ” jelasnya.

Terpisah, Kepala DLH Kabupaten Magetan, Saif Muchlisun, mengaku akan mengerahkan alat berat serta truk sampah untuk membersihkan tumpukan sampah, agar wisatawan tidak terganggu dengan bau busuk ketika berwisata ke telaga sarangan.” Kami akan bersihkan dengan alat berat secepatnya agar wisatawan nyaman,” ungkapnya kepada Magetan Today.

Saif mengakui jika Telaga Sarangan menjadi jujugan wisatawan pada libur tahun baru. Kasus sampah di TPS Sarangan akan kelar sebelum perayaan tahun baru 2019. ” Kami pastikan kelar sebelum perayaan tahun baru,” pungkasnya.

Berita ini 582 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

23 Juli, Bupati Sumatri Pensiun.

Berita Update

RSDS Magetan Dilengkapi PCR dan Ruang Operasi Covid-19.

Berita Update

337 Anak Terpapar Covid-19.

Berita Update

Pembunuh Karmi Ditangkap, Pengakuannya Menyeramkan!

Berita Update

10 Bulan Kosong, Jatah PKB Diduduki Suratno.

Berita Update

Satu Peserta Seleksi Sekda Mundur.

Berita Update

Angka Pengangguran Magetan Capai 14.283 Orang.

Berita Update

Nasib Warem Maospati Tinggal Menghitung Hari.
error: