Home / BERITA UPDATE / HEADLINE

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:43 WIB

Susuri Gunung Blego, Dinas Dukcapil Tanam Beringin.

Sekdin Dukcapil Kabupaten Magetan, Aris Purnawirawan Ikut Menanam Pohon Dilereng Gunung Blego Bersama Pemdes Trosono, Kecamatan Parang. ( Norik/ Magetan Today)

Sekdin Dukcapil Kabupaten Magetan, Aris Purnawirawan Ikut Menanam Pohon Dilereng Gunung Blego Bersama Pemdes Trosono, Kecamatan Parang. ( Norik/ Magetan Today)

Magetan Today

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Magetan, melakukan penanaman pohon diarea gunung Blego, Dusun/Desa Trosono, Kecamatan Parang, Jumat (24/1).

Desa Trosono dipilih, karena merupakan area sumber air bagi warga di Kecamatan Parang. Tidak mudah untuk mencapai lokasi penanaman yang berada diarea Sumber Dawuhan.

Staf Dinas Dukcapil Kabupaten Magetan Memanggul pohon beringin menyusuri jalan sempit lereng Gunung Blego, Desa Trosono, Kecamatan Parang. ( Norik/Magetan Today)

Sumber air dawuhan berjarak kurang lebih 2 Km dari perumahan penduduk, dan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Meski jalan menuju lokasi sangat berbahaya karena bersebelahan dengan jurang yang sempit, sejumlah ASN Dinas Dukcapil Kabupaten Magetan yang didampingi Pemdes Trosono, tetap menuju lokasi sambil memanggul pohon beringin.

Lokasi sumber Dawuhan dipilih jadi lokasi penanaman karena selama ini menjadi penyuplai utama air untuk warga Kecamatan Parang.

” Kondisinya rawan longsor, karena berada dikemiringan. Dengan adanya penanaman ini akan menguatkan tanah agar tidak menimbun sumber air yang ada dibawahnya, ” kata Sumono, Kades Trosono, Kecamatan Parang, Jumat ( 24/1).

Dikatakan Sumono, sejumlah sumber air di dawuhan sudah tertimbun longsor, dia tidak ingin anak cucu di desa Trosono dan Kecamatan Parang kelak kekurangan air bersih.

” Anak cucu kita dapat mengalami krisis air bersih, jika hari ini tidak kita rawat sumber air di dawuhan ini,” ujar Kades Trosono.

ASN Dinas Dukcapil Kabupaten Magetan Tanam Pohon Beringin Dilereng Blego, Kecamatan Parang. ( Norik/Koran Magetan Today)

Terpisah, Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Magetan, Andik Purnawirawan, mengaku jika lokasi Desa Trosono dijadikan lokasi penanaman pohon merupakan ide Bupati Magetan, Suprawoto.

” Gunung blego adalah sumber mata air di Kecamatan Parang. Bapak Bupati ingin kita ikut menjaga ekosistem alam, salah satunya Sumber Dawuhan, ungkap Andik Purnawirawan, Jumat (24/1).

Selain lokasi penanaman, ide pohon beringin yang ditanam juga buah pikiran Bupati Suprawoto. Karena beringin dinilai cocok sebagai pohon penahan tanah serta penyimpan air.

” Dengan akar yang kuat, pohon beringin juga kokoh penahan tanah agar tidak longsor, ” jelas Andik Purnawirawan.

Sebagai informasi, Bupati Suprawoto, mewajibkan seluruh Kepala OPD menanam pohon diarea sumber air.

Selain untuk menjaga sumber mata air, penanaman pohon juga bertujuan sebagai antisipasi penahan tanah longsor.

711 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Share :

Baca Juga

BERITA UPDATE

Rekanan Tribun Barat Didenda Rp 1,8 Juta Per Hari.

BERITA UPDATE

Pilkades Belotan Terancam Gagal

BERITA UPDATE

Ketua Ingatkan Bupati Atas Temuan BPK

BERITA UPDATE

Didampingi Kapolres, Wakapolda Jatim Sidak Pemilu Di Magetan.

BERITA UPDATE

Samsi Nyaleg Dewan Provinsi Jatim.

BERITA UPDATE

Kumpulkan Wartawan, Kominfo Gelar Konferensi Pers

BERITA UPDATE

Mayat Wanita Mengambang Di Sungai Dayah.

BERITA UPDATE

DAS Madiun Mulai Naik, Mobil Polsek Angkut Pelajar.
error: