Home / Pemerintahan-Politik / Peristiwa

Minggu, 10 April 2022 - 16:33 WIB

SiLPA 2021 Rp 363 Miliar, Bupati Suprawoto Klaim Hasil Penghematan Anggaran APBD Magetan.

Bupati Magetan Suprawoto. (MagetanToday)

Bupati Magetan Suprawoto. (MagetanToday)

MAGETAN TODAY– Belanja Tahun Anggaran (TA) 2021, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Magetan menyisakan Sisa Lebih Penghitungan Anggaran (SiLPA) sebesar Rp 363 Miliar.

Angka ini diungkapkan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Magetan,Yayuk Sri Rahayu, kepada Magetan Today (Group jatimnesia), Rabu (6/4) pekan lalu.

Jika mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, SiLPA tahun sebelumnya merupakan penerimaan pembiayaan yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan Pemerintah.

Baca juga :   Kehidupan Ala Bangsa Arab Di Kampung Madinah Magetan.

Diantaranya, menutup defisit anggaran apabila realisasi pendapatan lebih kecil daripada realisasi belanja, mendanai pelaksanaan kegiatan lanjutan atas beban belanja langsung serta mendanai kewajiban lainnya yang sampai dengan akhir tahun anggaran belum diselesaikan.

Kepada Magetan Today , Bupati Magetan Suprawoto menjelaskan jika SiLPA Magetan TA 2021 bersumber dari lampauan pendapatan dari target yang ditetapkan. ” Di Magetan kita melampaui target sebesar 28%,” kata Suprawoto, Minggu (10/4).

Baca juga :   Pilkada Magetan, Nanik Sumantri Tokoh Paling Familiar Di Magetan.

Selain pelampuan pendapatan, tumpukan SiLPA tahun ini juga bersumber dari penghematan anggaran sekitar 70% dari belanja modal.

” Misal sebuah proyek anggaran 100% bisa dihemat sampai 20%. Itu setiap satu proyek, berapa proyek saja. Dan juga kegiatan yang lain dihemat misal dana BTT Covid-19, perjalanan dinas (mobilitas karena covid dibatasi) masih banyak program lain, serta pelampauan netto sebesar 2%.” pungkas Bupati Magetan.

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Mayat Purwati Ditemukan

Pemerintahan-Politik

Tolak LGBT, GUIB Magetan Datangi Kantor Dewan.

Pemerintahan-Politik

Kadindik Optimis Tender Stadion Mulus

Pemerintahan-Politik

Belanja Internet Rp 696 Juta, Bupati Larang ASN Main Medsos.

Hukum & Kriminal

Diduga Kena Petasan, Sedan Warga Terbakar

Pemerintahan-Politik

Belinya Ratusan Juta, Bollard Di Magetan Tidak Terawat.

Hukum & Kriminal

Bupati “Jengah” Kelakukan Makelar CPNS.

Hukum & Kriminal

219 Perkara Kejahatan “Dirampungkan” AKBP Festo Ari Permana.
error: