Home / Berita Update / Pemerintahan-Politik

Minggu, 10 April 2022 - 16:33 WIB

SiLPA 2021 Rp 363 Miliar, Bupati Suprawoto Klaim Hasil Penghematan Anggaran APBD Magetan.

Bupati Magetan Suprawoto. (MagetanToday)

Bupati Magetan Suprawoto. (MagetanToday)

MAGETAN TODAY– Belanja Tahun Anggaran (TA) 2021, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Magetan menyisakan Sisa Lebih Penghitungan Anggaran (SiLPA) sebesar Rp 363 Miliar.

Angka ini diungkapkan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Magetan,Yayuk Sri Rahayu, kepada Magetan Today (Group jatimnesia), Rabu (6/4) pekan lalu.

Jika mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, SiLPA tahun sebelumnya merupakan penerimaan pembiayaan yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan Pemerintah.

Baca juga :   Kartini Day, ASN Magetan Wajib Pakai Baju Adat.

Diantaranya, menutup defisit anggaran apabila realisasi pendapatan lebih kecil daripada realisasi belanja, mendanai pelaksanaan kegiatan lanjutan atas beban belanja langsung serta mendanai kewajiban lainnya yang sampai dengan akhir tahun anggaran belum diselesaikan.

Kepada Magetan Today , Bupati Magetan Suprawoto menjelaskan jika SiLPA Magetan TA 2021 bersumber dari lampauan pendapatan dari target yang ditetapkan. ” Di Magetan kita melampaui target sebesar 28%,” kata Suprawoto, Minggu (10/4).

Baca juga :   Ramadan, Disperindag Magetan Awasi Peredaran Mamin.

Selain pelampuan pendapatan, tumpukan SiLPA tahun ini juga bersumber dari penghematan anggaran sekitar 70% dari belanja modal.

” Misal sebuah proyek anggaran 100% bisa dihemat sampai 20%. Itu setiap satu proyek, berapa proyek saja. Dan juga kegiatan yang lain dihemat misal dana BTT Covid-19, perjalanan dinas (mobilitas karena covid dibatasi) masih banyak program lain, serta pelampauan netto sebesar 2%.” pungkas Bupati Magetan.

Berita ini 48 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

RSUD Somasi Group Facebook Di Magetan.

Berita Update

Disparbud Perpanjang Penutupan THM dan Batalkan Labuh Sarangan!

Berita Update

Calon Capres, Zulhasan Didoakan Ribuan Kader PAN.

Berita Update

Muncul Edaran PNS Pakai Batik 1-12 Oktober. Ini Aturan Permendagri Tentang Seragam PNS.

Berita Update

Lagi, Satpol PP Segel Karaoke

Berita Update

Amankan Wisatawan, Pemkab Dirikan Menara Pemantau.

Berita Update

Bambang “Bantah” Isu Pensiun Dini

Berita Update

Pemkab Sumbang SiLPA Rp 238 Miliar.
error: