Home / BERITA UPDATE / PARIWISATA

Minggu, 8 November 2020 - 17:22 WIB

Hari Wayang Sedunia, Tiga Dalang Muda Tampil Bersama.

Penampilan Dalang Putut Puji Agusseno membawakan lakon Romo Tambak. ( Norik/Magetan Today)

Penampilan Dalang Putut Puji Agusseno membawakan lakon Romo Tambak. ( Norik/Magetan Today)

Magetan Today
Tiga dalang muda asli Kabupaten Magetan, tampil bersama dalam pagelaran wayang kulit yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan di gedung kesenian Tripandita, Sabtu (7/11).

Mereka adalah, Putut Puji Agusseno, Nakmas Arya Sakola dan Gurit Jamaludin San. Secara bergantian, ketiganya akan membawakan lakon, Romo Tambak, Kumbokarno gugur dan Dasamuka Gugur.

Penampilan tiga dalang Magetan tersebut disiarkan secara live melalui akun #disparbud magetan channel akun Youtube milik Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan. ” Melalui kesenian wayang ini, kami ingin menjaga kelestarian budaya jawa,” kata Joko Trihono, Kepala Disparbud Kabupaten Magetan, Sabtu ( 7/11).

Menurut Joko Trihono, Kabupaten Magetan memiliki potensi seniman khususnya dalang yang mumpuni, dan tidak kalah cekatan dengan dalang lain yang berasal dari luar Kabupaten Magetan. ” Pemkab Magetan akan selalu hadir untuk seniman – seniman asli Kabupaten Magetan, khususnya yang masih muda karena merupakan aset daerah,” jelasnya.

Pada masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) saat ini, Pemkab Magetan akan merangkul seniman-seniman agar tetap produktif, salah satunya dengan pagelaran kesenian. ” Produktifitas seniman daerah akan tetap kita jaga, melalui kegiatan kesenian seperti malam ini,” ungkap Kepala Disparbud Kabupaten Magetan.

Sebagai informasi, selain untuk menjaga tradisi kesenian masyarakat jawa, wayang kulit yang digelar Pemerintah kabupaten (Pemkab) Magetan, juga dalam rangka peringatan hari wayang sedunia 7 November.

Sudah hampir 17 tahun, semenjak pertama kali UNESCO mengakui wayang sebagai warisan budaya mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity), sejak tahun 2003 setiap tanggal 7 November diperingati sebagai Hari Wayang Sedunia.

Berita ini 81 kali dibaca

Share :

Baca Juga

BERITA UPDATE

Jelang Peluit Liga 3, Ini Kebingungan Persemag.

BERITA UPDATE

Tuntutan Berat Terdakwa Korupsi DLH

BERITA UPDATE

Bus SMK PGRI 1 Karanganyar Terjun Ke Jurang Jalan Tembus.

BERITA UPDATE

Libur Natal, 16 Ribu Wisatawan Kunjungi Sarangan.

BERITA UPDATE

PemKab Magetan Bangun Jalan Kantilever Sarangan, Ini Fungsinya

BERITA UPDATE

Venly Ke Asisten, Joko Trihono Jabat Kepala Disparbud Magetan.

BERITA UPDATE

Proyek Relokasi Pasar Sayur Disoal Kejaksaan

BERITA UPDATE

Gerakan ASN Sehat
error: