Home / Pariwisata / Peristiwa

Selasa, 17 Desember 2019 - 18:28 WIB

Ganesha Gimbal Di Magetan Satu-Satunya Didunia.

Anggota DPD RI, Gusti Arya Melihat Langsung Situs Ganesha Gimbal Didesa Bangsri, Kecamatan Ngariboyo. ( Norik/Magetan Today).

Anggota DPD RI, Gusti Arya Melihat Langsung Situs Ganesha Gimbal Didesa Bangsri, Kecamatan Ngariboyo. ( Norik/Magetan Today).

Magetan Today
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI), Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III, menyatakan jika Arca Ganesha Gimbal, Di Desa Bangsri, Kecamatan Ngariboyo adalah sosok Ganesha satu-satunya didunia.

Menurut Gusti Arya, dirinya telah berkeliling Nusantara namun tidak pernah menemui Arca Ganesha Gimbal seperti yang ada di Kabupaten Magetan. ” Kami memantau berita, jika ada candi Pra Majapahit di Kabupaten Magetan yakni situs Ganesha gimbal dan hasilnya luar biasa, saya melihat langsung hari ini”, kata Senator Bali tersebut, Selasa ( 17/12).

Dikatakan Gusti, melihat kondisi Ganesha Gimbal di Kabupaten Magetan dirinya berani memastikan jika situs ini satu-satunya didunia. ” Status Ganesha ini merupakan Brahmacari yakni putra Siwa Mahadewa, dan saya pastikan ini satu-satunya di muka bumi,” ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan Gusti Arya, Ganesha di Kabupaten Magetan berbeda dengan ganesha – ganesha di pulau Jawa dan Nusantara. Dengan ciri rambut terurai, dalam kepercayaan hindu darma, rambut terurai mereka masih remaja.

Sedangkan Keberadaan dua taring pada kepala gajah ganesha yang masih utuh, membuat situs Ganesha gimbal ini menjadi pembeda dengan Ganesha lain disejumlah candi ternama di Indonesia. Sebab dalam kepercayaan Hindu, salah satu taring yang patah digunakan untuk menulis kitab suci Weda.

Diprediksi, Situs Ganesha Gimbal di Desa Bangsri, Kecamatan Ngariboyo ini sudah ada sejak era sebelum Majapahit atau sebelum tahun 1200 Masehi. ” Ini pada era Kediri, jauh sebelum Majapahit,” ungkap Gusti Arya.

Anggota DPD RI ini berharap, Pemkab Magetan segera menentukan status Ganesha Gimbal serta memetakan lokasi tersebut. ” Saya mewakili Lembaga Negara dalam hal ini DPD RI, siap membantu Kabupaten Magetan mengolah situs Ganesha Gimbal, dengan syarat segera bentuk peta dan tentukan status lokasi ini,” pungkas Gusti Arya.

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Terobos Palang Perlintasan, Pensiunan Dinas Pengairan Ditabrak Kereta Api.

Pemerintahan-Politik

160 PPPK Bakal Terima SK.

Peristiwa

Tewas Tersengat Listrik

Pemerintahan-Politik

Santunan Kematian Korban Covid-19 Belum Cair.

Peristiwa

Disnakan Sedot APBD Rp 86 juta Beli Telor Ayam Matang.

Pemerintahan-Politik

Disnaker Siapkan Posko Perusahaan Mokong Bayar THR.

Kesehatan

Gen Milenial Magetan Diminta Menjaga Alat Reproduksi.

Pemerintahan-Politik

Data Jalan Rusak, Pemkab Magetan Tertutup.
error: