Home / Pemerintahan-Politik / Peristiwa

Senin, 27 April 2020 - 14:08 WIB

Anggaran Korona Rp 120 Miliar, Pemkab Minta Pendampingan Kejaksaan.

Suprawoto, Bupati Magetan. ( Norik/Magetan Today)

Suprawoto, Bupati Magetan. ( Norik/Magetan Today)

Magetan Today
Pemerintah kabupaten (Pemkab) Magetan mengajukan pendampingan kepada Kejaksaan negeri (Kejari) Magetan terkait penggunaan anggaran penanganan Corona Virus Disease (COVID-19).

Bupati Magetan, Suprawoto, ketika dikonfirmasi Magetan Today mengamini permohonan pendampingan yang dikirim Pemkab Magetan kepada Kejari Magetan tersebut. ” Iya, karena memang itu sudah menjadi arahan dari Kajagung untuk membantu kita semua untuk menangani covid-19, Kajari seluruh Indonesia untuk mendampingi pemda,” kata Bupati Magetan, Senin (27/4).

Jika pada Surat Edaran (SE) Kepala Kejaksaan Agung (Kajagung) Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Pendampingan Terhadap Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran serta Pengadaan Barang dan Jasa, Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Tujuan SE Kajagung, memastikan percepatan optimalisasi pelaksanaan pendampingan terhadap Kementerian/Lembaga/ Pemerintah Daerah/BUMN/BUMD dalam rangka Refocusing anggaran serta Pengadaan Barang Jasa dalam rangka percepatan penanganan COVID-19.

Kepala seksi (Kasi) Intelejen Kejari Magetan, Sudi Haryansah, membenarkan Pemkab Magetan telah mengirim surat permohonan pendampingan kepada Kejari Magetan, terkait penggunaan anggaran COVID-19. ” Surat permohonan pendampingan sudah dikirim Jumat lalu, akan segera ditindak lanjuti,” kata Kasi Intel, Kejari Magetan, Senin (27/4).

Sebagai informasi, Pemkab Magetan menyiapkan Anggaran 120 Miliar untuk penanganan COVID-19. Dana ratusan miliar itu bersumber dari Belanja Tidak Terduga (BTT) Rp 3,8 M, Pengalihan Dana Insentif Daerah (DID) dan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Rp 1,9 M, Belanja langsung dari OPD terkait ( DTPHPKP, Disnak, Dinsos, Disperindag, Kec dan kelurahan) sebesar Rp 5 M, Penjadwalan ulang program kegiatan pada seluruh OPD dan pengalihan dari pengeluaran pembiayaan sebesar Rp 30,1 Miliar serta dana yang disiapkan desa-desa sebesar Rp 79 Miliar.

Bahkan, anggaran sebesar Rp 120 Miliar yang disiapkan Pemkab Magetan belum final, sebab akan ada Refocusing kedua jika dinilai dana untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Magetan masih kurang. ” Apabila dirasakan anggaran penanganan COVID-19 kurang, karena masyarakat Magetan membutuhkan akibat dampak ekonomi dan sosial ini maka kami akan menambah anggaran dengan refocusing yang kedua dan terpenting masyarakat Magetan sejahtera,” tulis rilis Dinas Kominfo Kabupaten Magetan, yang diterima Magetan Today, Jumat ( 17/4) lalu.

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Tes Kesehatan, Calon Haji Lari 1,6 Km.

Pemerintahan-Politik

Suhu Politik Memanas, Provokasi Vandalisme APK Mulai Tampak.

Hukum & Kriminal

Gandeng Kejari, PDAM Gelar Pembinaan SDM Bidang Hukum.

Hukum & Kriminal

Nenek Bandar Arjo Dibekuk Polisi

Pemerintahan-Politik

Magetan Surganya Investasi, Ini Buktinya!

Pemerintahan-Politik

PKB dan PAN Pertanyakan Nasib Stadion Yosonegoro.

Pariwara

Ajak Jaga Kebersihan, DLH Pasang Ratusan Tempat Sampah.

Hukum & Kriminal

Pembunuh Bayi Dibekuk Polisi.
error: