Home / Peristiwa

Jumat, 19 Juli 2019 - 12:10 WIB

Stasiun Barat Jadi Stasiun Magetan

Bupati Magetan, Suprawoto, Bersama Jajaran Pimpinan DAOP 7 Madiun. ( Ist For magetan today)

Bupati Magetan, Suprawoto, Bersama Jajaran Pimpinan DAOP 7 Madiun. ( Ist For magetan today)

Magetan Today
Nama stasiun Kereta Api (KA) Barat akan berubah nama menjadi Stasiun KA Magetan mulai 1 Desember mendatang. Permohonan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Magetan diamini Daerah operasi (Daop) VII Madiun.

Kabar menyejukan tersebut diungkapkan langsung Bupati Magetan, Suprawoto, kepada Koran Memo. ” Hari ini saya ketemu dengan Kepala DAOP 7 Madiun, Alhamdulilah mulai 1 Desember mendatang nama Stasiun di Kecamatan Barat menjadi Stasiun Magetan,” kata Suprawoto, Bupati Magetan, Kamis (18/7).

Kedepan, Bupati mengaku tengah menyiapkan peningkatan infrastruktur wilayah Kecamatan Maospati dan Karangrejo yang memiliki akses langsung ke Stasiun Magetan. ” Infrastruktur menuju Stasiun Magetan akan kita tingkatkan tahun 2020,” ungkap Suprawoto.

Kang Woto (sapaan bupati) optimis, keberadaan Stasiun Magetan akan meningkatkan perekonomian warga Kabupaten Magetan khususnya diwilayah tersebut. ” Ketika sudah beroperasi maksimal serta ada sentuhan perbaikan infrastruktur, saya yakin perekonomian masyarakat akan meningkat, karena Stasiun Magetan akan menjadi urat nadi penumpang KA di Kabupaten Magetan,” tegas Bupati Magetan.

Sebagai informasi, Stasiun Barat dibangun pada dasawarsa tahun 1880an. Stasiun yang berada di Kecamatan Barat ini memiliki empat jalur kereta api dengan jalur 2 sebagai sepur lurus. Dahulu terdapat percabangan jalur rel menuju Pangkalan Udara Iswahyudi. Jalur ini dipakai Pertamina untuk bahan bakar pesawat. Selain itu, stasiun ini dilengkapi dengan lintasan rel lori menuju Pabrik Gula Purwodadi untuk mengangkut tebu dan gula.

Sehubungan dengan pembangunan jalur ganda lintas selatan Jawa, stasiun ini akan menggunakan bangunan baru yang terletak di sebelah bangunan lama. Rencananya setelah proyek ini selesai, bangunan stasiun lama yang merupakan peninggalan Staatsspoorwegen akan segera dirobohkan.

Share :

Baca Juga

Pemerintahan-Politik

Gubernur Desak Bupati Kendalikan Ijin Perumahan.

Peristiwa

Laka Kerja Pekerja Proyek Pasar Baru

Pemerintahan-Politik

SiLPA Gendut, 3 OPD Disorot Dewan

Pemerintahan-Politik

Hibah APBD Rp 8,2 Miliar, Disnakan Mengaku Salah Input Data.

Hukum & Kriminal

Tawar Gantung Diri Diblandar.

Pemerintahan-Politik

Sah, Gatot Gunarso Pj Bupati

Pemerintahan-Politik

PDIP Magetan Optimis Kursi Parlemen Bertambah

Peristiwa

Bertemu DI, Ini Harapan Joko Suyono Untuk Magetan
error: