Home / Pemerintahan-Politik / Peristiwa

Selasa, 2 Februari 2021 - 14:09 WIB

Santunan Kematian Korban Covid-19 Belum Cair.

Yayuk Sri Rahayu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan. ( Norik/Magetan Today)

Yayuk Sri Rahayu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan. ( Norik/Magetan Today)

Magetan Today
Pasien meninggal akibat terpapar Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Magetan hingga kini belum menerima santunan kematian sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Sosial RI Nomor 27/3.2/BS.01.02/06/2020 Tentang Penanganan Perlindungan Sosial Bagi Korban Meninggal Dunia Akibat Covid-19.

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Magetan menyebut, data yang dikirim ke Dinsos Provinsi Jawa Timur sebanyak 20 berkas. ” Sejak 10 September 2020, ada 20 berkas yang kita kirim ke Dinsos Provinsi Jawa Timur,” kata Yayuk Sri Rahayu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan, Selasa (2/2).

Menurut Yayuk, ahli waris korban Covid-19 akan menerima Rp 15 juta sebagai santunan. ” Sesuai surat edaran sebesar Rp 15 juta,” jelas Kadinsos Kabupaten Magetan.

Dikatakan Kadinsos, pihaknya tidak akan mengumpulkan berkas kematian warga yang meninggal akibat Covid-19. ” Saya menunggu saja dari ahli waris, kalau saya yang minta saya kuatir mereka berharap dapat santunan. Sementara dari pusat belum ada kejelasan,” ujar Yayuk Sri Rahayu.

Sementara itu, sebanyak 20 berkas yang diajukan ke Dinsos Provinsi Jawa Timur terdiri dari Kematian Tahun 2020 sebanyak 12 orang dan Kematian Tahun 2021 sebanyak 8 orang. ” Yang 12 orang, Dinsos bersurat kepada Camat karena memang diminta oleh provinsi, Tapi yang 8 ahli waris yang mengirim dokumen sendiri,” ungkap Kepala Dinsos Kabupaten Magetan.

Jika mengacu data Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, jumlah warga Kabupaten Magetan yang meninggal akibat Covid-19 periode Selasa (2/2) sebanyak 134 orang. ” Total kematian karena Covid sampai hari ini sebanyak 134 orang,” kata Didik Setyo Margono, Kepala bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Dinas kesehatan Kabupaten Magetan.

Share :

Baca Juga

Pemerintahan-Politik

Bangunan Di Magetan Wajib Kantongi SLF.

Pemerintahan-Politik

Probolinggo Ikuti Jejak Pilkades e-Voting Magetan.

Peristiwa

Panwaslu Temukan APK Cabup-Cawabup Salahi Aturan.

Pemerintahan-Politik

1 Tahun Kebun Refugia Magetan, Dikucuri Proyek Rp 1,6 Miliar.

Pemerintahan-Politik

Komisi B Sidak Peternakan Kambing

Hukum & Kriminal

Dewan Desak Bupati Berangus ASN Makelar CPNS.

Pemerintahan-Politik

May Day,PemKab Magetan Jamu Ribuan Buruh.

Pemerintahan-Politik

Mengabdi 27 Tahun, Bambang Setiawan Ingin Pensiun Terhormat
error: