Home / Berita Update / Kesehatan / Pemerintahan-Politik

Rabu, 26 Mei 2021 - 17:49 WIB

Bertahun-Tahun, Warga Perbatasan Tidak Ada Fasilitas Kesehatan.

Dusun Cemorosewu,Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan. ( Norik/Magetan Today).

Dusun Cemorosewu,Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan. ( Norik/Magetan Today).

Magetan Today

Hingga kini belum ada tempat Fasilitas kesehatan (Faskes) bagi warga Kabupaten Magetan yang tinggal di perbatasan Jawa Timur (Jatim) – Jawa Tengah (Jateng) tepatnya di dusun Cemorosewu, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan.

Masyarakat perbatasan harus menempuh jarak kurang lebih 15 Kilometer, jika ingin mendapat layanan kesehatan dari Pemkab Magetan. “ Belum ada, mereka kalau sakit malah banyak yang ke Tawangmangu, JawaTengah karena lebih dekat. Kalau Faskes yang terdekat di pustu Sarangan atau Puskesmas Plaosan,” kata Permadi, Camat Plaosan.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan, Didik Setyo Margono, mengaku keberadaan lahan menjadi sandungan Pemkab Magetan mewujudkan Faskes bagi warga Magetan yang tinggal diperbatasan Jatim-Jateng tersebut. ” Dulu pernah direncanakan mau dibangun puskesmas pembantu (Pustu) tapi saya kurang tahu perkembangannya, kelihatannya kesulitan cari tanahnya,” ujar Didik Setyo Margono, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Rabu (26/5).

Untuk menunggu proses pembanguan Pustu di Cemorosewu, Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan melalui Puskesmas Plaosan rutin menggelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) bagi warga yang tinggal dilereng gunung Lawu tersebut. ” Sebagai upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat Puskesmas Plaosan telah melakukan Posyandu secara rutin sebulan sekali,” terang Didik Setyo Margono.

Didik  memastikan, secara anggaran Pemkab Magetan telah siap membangun Pustu diwilayah Cemorosewu, jika ada lahan yang saat ini dimiliki oleh Perhutani. ” Hanya itu, karena milik perhutani ijinnya sulit. Terkait pembiayaan Pemda Siap,” tegas Sekretaris Dinkes Kabupaten Magetan.

Sebagai informasi, kurang lebih 43 Kepala Keluarga (KK) warga Kabupaten Magetan tinggal di dusun Cemorosewu, Kecamatan Plaosan, yang merupakan daerah perbatasan Jatim- Jateng. Warga terpaksa berobat ke propinsi tetangga (Jawa Tengah) jika jatuh sakit. Jarak dari rumah ke Puskesmas Plaosan, Kabupaten Magetan mencapai 15 Km dan harus menembus hutan belantara gunung Lawu.

Berita ini 241 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Bupati Godok Operasional Kafe & Karaoke Selama Ramadan.

Berita Update

2019, Program Angkutan Pelajar Gratis Berlanjut.

Pemerintahan-Politik

Tujuh Jabatan Kadin, Jadi Rebutan 33 Pejabat

Berita Update

PL Buku Dinas Arpus Direaksi Pimpinan Dewan.

Berita Update

Tekuk SMAGA, SMAN 1 Karangjati Amankan Tiket Semifinal.

Berita Update

Dinas Dukcapil Rilis Peserta Lolos Seleksi Pegawai Non PNS

Hukum & Kriminal

Buru Mafia Tanah, Polres Bentuk Satgas Mafia Tanah.

Berita Update

Ingin Buat Paspor, Ke MPP Magetan Saja.
error: