Home / Pariwisata / Peristiwa

Sabtu, 20 Juli 2019 - 15:01 WIB

Bupati Sebar 10 ribu Benih Ikan Dewa Di Telaga Sarangan

Benih Ikan dewa disebar di Telaga Sarangan. ( Norik/Magetan Today)

Benih Ikan dewa disebar di Telaga Sarangan. ( Norik/Magetan Today)

Magetan Today
Kurang lebih 10 ribu benih ikan dewa disebar di Telaga Sarangan oleh Bupati Magetan, Suprawoto, bersama Kepala Badan Riset SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan, Sjarif Widjaja, Sabtu (20/7).

Bupati berharap, masyarakat Kabupaten Magetan ikut menjaga pengembangbiakan ikan air tawar yang biasa hidup diperairan dataran tinggi tersebut. ” Ikan ini memiliki keunikan ketika besar, karena akan berada diperairan dangkal, jadi mari kita jaga,” kata Suprawoto, Bupati Magetan, Sabtu (20/7).

Secepatnya, Bupati akan menerbitkan Peraturan bupati (Perbup) terkait larangan memancing di Telaga Sarangan paska penyebaran benih ikan dewa. ” Kita akan terbitkan Perbup, terkait larangan memancing di telaga Sarangan,” tegas Suprawoto kepada Magetan Today.

Kepala Badan Riset SDM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Sjarif Widjaja, menilai jika Telaga Sarangan cocok sebagai tempat pengembang biakan ikan dewa. ” Setelah kami nilai, Telaga Sarangan layak sebagai tempat pengembangbiakan ikan dewa, karena memiliki Telaga yang ada di pegunungan,” ujarnya.

Menurut Sjarif, ketika kecil ikan dewa memiliki karakter suka dikedalaman, namun jika sudah besar akan nampak di perairan dangkal serta melompat ke udara. ” Karakternya suka dikedalaman waktu kecil, namun jika sudah besar akan melompat – lompat diperairan dangkal,” ungkapnya.

Sebagai informasi, penyebaran benih ikan dewa merupakan rangkaian kegiatan Gebyar Peternakan dan Perikanan, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan.

Rangkaian acara diawali senam pagi yang diikuti oleh segenap anggota Forkopimda, petani, peternak serta pelajar Sekolah Dasar ( SD) di lapangan Lingkungan Singolangu. Dilanjutkan dengan penanaman tanaman untuk pakan ternak.

Kemudian rombongan bupati mengikuti jalan santai menuju telaga Sarangan. Dalam perjalanan menuju finish, Bupati Suprawoto bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Magetan, singgah di terminal Sarangan melihat pelayanan kesehatan kuda.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan, Kustini, menjelaskan Gebyar Peternakan dan Perikanan bertujuan untuk memacu daya saing para pelaku peternakan dan Perikanan di Kabupaten Magetan. Selain itu, cecara tidak langsung juga meningkatkan daya tarik wisata di Sarangan. ” Tujuan acara ini sangat luas, mulai peningkatan SDM peternak serta memajukan dunia wisata di Kabupaten Malalui tebar benih ikan dewa,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Jam Besuk Pasien RSUD Sayidiman Ditertibkan, Ini Aturanya!

Pariwisata

Bagus-Dyah 2018 Ditarget Tembus 10 Besar Raka- Raki Jatim.

Pemerintahan-Politik

Bupati Dicurhati Kejadian Anak Jatuh Dirumah Sejarah.

Peristiwa

Kampanye Akbar Gus Amik-JOSS,Heboh!

Pendidikan

Magetan Tuan Rumah Jumbara IX

Hukum & Kriminal

Kondisi Mengenaskan Pustu Sarangan.

Hukum & Kriminal

Kejaksaan Teliti Berkas Pembelian Mobil Jatah Dirut PDAM.

Pemerintahan-Politik

365 Hari DPRD Magetan Mengabdi.
error: