Home / Kesehatan / Peristiwa

Selasa, 7 Juli 2020 - 18:03 WIB

Begini Upaya Gugus Tugas Magetan Tekan Penyebaran Covid-19.

Ari Budi Santosa, Koordinator Posko GTPP Covid-19 Kabupaten Magetan. (Norik/Magetan Today).

Ari Budi Santosa, Koordinator Posko GTPP Covid-19 Kabupaten Magetan. (Norik/Magetan Today).

Magetan Today
Berbagai macam cara dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (GTPP Covid-19) Kabupaten Magetan untuk menekan penyebaran wabah Covid-19.

Secara masif, GTPP Covid-19 Kabupaten Magetan melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui sumber daya yang dimiliki Pemkab Magetan, salah satunya Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Magetan.

Dengan menggunakan mobil siaran keliling, Pemkab Magetan secara terus-menerus memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). ” Kami memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui sumber daya yang dimiliki Pemkab Magetan, agar masyarakat patuh protokol kesehatan,” kata Ari Budi Santosa, Koordinator Posko GTPP Covid-19 Kabupaten Magetan, Selasa (7/7).

Selain memanfaatkan mobil siaran keliling Dinas Kominfo, gugus tugas juga turun gunung ke wilayah tempat tinggal pasien terkonfirmasi (positif.red) Covid-19. Selain memberikan dukungan moril untuk pasien, juga sebagai sarana edukasi terhadap lingkungan agar tidak menjauhi penderita.” Kami memberikan dukungan moril kepada pasien Covid-19, agar mentalnya tidak jatuh karena terinfeksi Virus ini. Juga kepada lingkungan agar tidak mengucilkan, ” ujar Ari Budi Santosa.

Pendekatan batin juga dilakukan gugus tugas untuk pasien korona yang ada di karantina khusus Covid-19. Bahkan, petugas kerap menuruti berbagai permintaan pasien yang ada di karantina khusus Dinas Kesehatan Magetan tersebut. ” Ada yang minta cangkul dan sabit karena mereka ingin mengusir rasa jenuh dengan bersih-bersih area karantina, kita turuti saja,” ungkap Pegawai Negeri Sipil (PNS)yang juga menjabat Kalaksa BPBD Kabupaten Magetan tersebut.

Menurut Ari Budi Santosa, ketenangan batin memiliki dampak pada percepatan penyembuhan pasien Covid-19. ” Hingga kini belum ada vaksin atau obat paten untuk Covid-19, jadi melalui ketenangan batin saya percaya akan dapat menyembuhkan para pasien yant sebagaian besar Orang Tanpa Gejala (OTG),” ungkap Koordinator Posko GTPP Covid-19 Kabupaten Magetan.

Data GTPP Covid-19 Kabupaten Magetan Periode Senin, 6 Juli 2020. Jumlah positif Covid-19 sebanyak 117 Kasus. Rincian sebanyak 77 pasien sembuh, 4 orang meninggal dunia dan 35 orang dalam proses penyembuhan.

Dari 35 pasien yang kini menunggu proses sembuh, sebanyak 4 orang berada di Karantina khusus, 6 orang dalam perawatan rumah sakit rujukan di Kabupaten Magetan dan 25 orang melakukan isolasi mandiri.

Share :

Baca Juga

Pemerintahan-Politik

Terlanjur Dilounching Bupati, Kecamatan Sidorejo Belum Mampu Cetak e-KTP.

Pemerintahan-Politik

Dewan Ikut Awasi proyek Atensi Kejaksaan

Pemerintahan-Politik

Sujatno Apresiasi Suprawoto

Pemerintahan-Politik

Bappilu Golkar Magetan Dikukuhkan, Ini Target Pileg 2019.

Hukum & Kriminal

Polres Magetan Bekuk AQ Alias Kancil, Kurir Narkoba !

Kesehatan

Magetan Ajunkan Vaksin 89 Ribu Dosis.

Peristiwa

TMMD TNI Ke 104 Magetan, Membangkitkan Asa Warga Di Perbatasan.

Peristiwa

Proyek Kampung Susu Disiapi Rp 1,9 Miliar.
error: