Home / Berita Update / Pemerintahan-Politik

Minggu, 23 September 2018 - 15:41 WIB

Izin Usaha, Magetan Terapkan OSS

Sosialisasi OSS DPM-PTSP Kabupaten Magetan Lewat Banner Jumbo

Sosialisasi OSS DPM-PTSP Kabupaten Magetan Lewat Banner Jumbo

Magetan Today
Sistem perizinan terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS) telah diterapkan Pemerintah Kabupaten (PemKab) Magetan. Lewat sistem ini, investor dapat mengurus izin usaha secara online dari mana pun dan kapan pun.

“ Operasional OSS berlaku di seluruh Indonesia dan dapat diakses kapan pun dan di mana pun,” kata Joko Trihono, Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Magetan, Minggu ( 23/9).

Pengurusan izin usaha secara online ini bisa dimanfaatkan investor baik yang berstatus perseroan terbatas (PT), firma, persekutuan komanditer (commanditaire vennootschap/CV), koperasi, maupun perseorangan untuk perizinan usaha kecil dan menengah (UKM).

” OSS merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menyederhanakan birokrasi dalam perizinan usaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah, serta memberi kepastian,” jelas Joko Trihono kepada Magetan Today.

Adapun pemerintah membangun sistem OSS sejak Oktober 2017 sebagai pelaksanaan dari Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

Sistem OSS dibangun melalui interkoneksi dan integrasi sistem pelayanan perizinan yang ada di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)/Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pusat, dan PTSP daerah yang menggunakan sistem SiCantik Kemenkominfo.

Selain itu, sistem ini juga terintegrasi dengan berbagai Kementerian dan Lembaga penerbit perizinan, termasuk sistem Indonesia National Single Window (INSW), Sistem Adminisrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM, serta Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Negeri.

Sebagai informasi, untuk sosialisasi sistem OSS, Dinas PM-PTSP Kabupaten Magetan telah memasang banner ukuran jumbo didepan kantor layanan. ” Kami telah sosialisasi lewat berbagai macam media publik tentang OSS, namun jika ada publik yang masih membutuhkan info lengkap dapat datang ke kantor DPM-PTSP Magetan,” pungkas Joko Trihono.

Berita ini 2.365 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Anggaran BTT Dikucur Rp 6 M Untuk Proyek RSD, Komisi C Langsung Sidak Lokasi.

Advertorial

Bursa Kerja Kanesma, Dibanjiri Ratusan Pelajar

Berita Update

Doa Bersama Alm dr, Hari Widodo. Bupati Suprawoto : Lanjutkan Perjuangan Almarhum.

Berita Update

2 KPPS Meninggal, PemKab Magetan “Haturkan” Belasungkawa

Berita Update

Jatah Wakil Ketua Dewan Dari PKB Masih Kosong.

Berita Update

Labuh Sarangan Tahun Ini Disebut Bakal Paling Meriah Sepanjang Tahun.

Berita Update

Kenalkan Amir Nurohman, Kasi Pidum Kejari Magetan Yang Baru.

Berita Update

PDIP Magetan Bagikan Masker dan Wadah Cuci Tangan Dipasar Tradisional
error: