Home / Pemerintahan-Politik / Peristiwa

Selasa, 14 Mei 2019 - 16:29 WIB

Puluhan ASN “Bekas” Sekdes Ingin Kembali Jadi Sekdes.

Rahmad Edy, Plt Kepala BKD Magetan. ( Norik/Magetan Today)

Rahmad Edy, Plt Kepala BKD Magetan. ( Norik/Magetan Today)

Magetan Today
Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) mantan Sekretaris desa (Sekdes) yang baru ditarik PemKab Magetan, menolak ditempatkan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Magetan.

Mereka meminta, Bupati Magetan, Suprawoto, mengembalikan mereka sebagai Sekdes. ” Ada 24 ASN yang ingin dikembalikan sebagai Sekdes, ” kata Racmad Edy, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Magetan, Selasa (14/5).

Dikatakan Racmad Edy, puluhan ASN golongan II (dua) itu telah menyurati PemKab melalui BKD Magetan. ” Surat saya terima Senin (6/5) lalu,” terang Kepala BKD Magetan.

PemKab Magetan menarik kurang lebih 68 Sekdes mulai awal Mei lalu. Alasanya, PemKab Magetan tidak ingin bertabrakan dengan Undang – Undang (UU) nomor 6 tahun 2014 tentang Desa serta Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004. ” Aturan sudah jelas, kami tidak ingin bertabrakan dengan aturan.” ungkap Rachmad Edy.

Sementara itu, jika dilihat dari definisi dan kedudukan ASN, Sekretaris Desa yang berstatus sebagai ASN sebagaimana dalam ketentuan Pasal 202 ayat (3) Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004, ASN berkedudukan sebagai aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat. Dilihat dari segi pembagiannya, Sekdes termasuk sebagai ASN Daerah.

Dalam konteks hukum publik, ASN bertugas membantu Presiden sebagai kepala pemerintahan, tugas melaksanakan peraturan perundang-undangan, dalam arti kata wajib mengusahakan agar setiap peraturan perundang-undangan ditaati oleh masyarakat.

Share :

Baca Juga

Ekonomi & Bisnis

Kenalkan, Ini Capress Dari Magetan

Hukum & Kriminal

2021, Kejari Dalami Lapdu Rasuah

Pemerintahan-Politik

Edaran Gubernur dan UU Kesehatan Jiwa, Dicueki!

Peristiwa

Proyek Kampung Susu Disiapi Rp 1,9 Miliar.

Pemerintahan-Politik

Pemkab Press Release, Bantah 80 Hektar Lahan Padi Desa Baron Gagal Panen.

Pemerintahan-Politik

Komisi B Sidak Peternakan Kambing

Pemerintahan-Politik

Venly Ke Asisten, Joko Trihono Jabat Kepala Disparbud Magetan.

Kesehatan

Informasi Perijinan, DinKes Buka Layanan Di MPP.
error: