Home / BERITA UPDATE / PEMERINTAHAN-POLITIK

Selasa, 8 Oktober 2019 - 17:08 WIB

LIK Diduga Buang Limbah Ke Sungai Gandong, DLH Pertanyakan Ijin Bupati.

Muhamad Ikbal (Kemeja Panjang Putih), Protes Ke UPT LIK. ( Norik/Magetan Today)

Muhamad Ikbal (Kemeja Panjang Putih), Protes Ke UPT LIK. ( Norik/Magetan Today)

Magetan Today
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magetan memburu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lingkungan Industri Kulit (LIK) Pemprov Jatim, terkait rekomendasi atau ijin pembuangan limbah cair ke sungai Gandong dari Bupati Magetan.

Sebab, DLH Kabupaten Magetan menyakini, Kepala daerah belum menerbitkan rekomendasi apapun terkait pembuangan limbah ke sungai Gandong. “ LIK Belum ada Ijin pembuangan limbah cair ke sungai Gandong dari Bupati,” kata Saif Muchlisun, Plt Kepala DLH Kabupaten Magetan, Senin (8/10).

Padahal, jika mengacu pada UU Nomor 32 Tahun 2009, Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dijelaskan, setiap orang diperbolehkan untuk membuang limbah ke media lingkungan hidup dengan persyaratan, a). memenuhi baku mutu lingkungan hidup dan b). mendapat izin dari Menteri, gubernur, atau bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya.

Terpisah, Kepala UPT Industri dan Produksi Kulit Magetan, Mariadi, mengakui jika ijin pembuangan limbah ke sungai Gandong masih dalam proses ke Bupati Magetan.“ Perijinan sudah diajukan, prosesnya belum selesai, Bupati yang akan mengeluarkan ijin, dengan kajian DLH,” ujar Mariadi.

Sebagai informasi, dampak Limbah LIK sangat dirasakan warga Kelurahan Kauman, Kecamatan/Kabupaten Magetan. Selama puluhan tahun warga dipaksa menghirup bau busuk yang berasal dari proses pengolahan kulit tersebut.

“ Jangan hanya mementingkan sektor ekonomi, namun dampak kesehatan bagi kami warga Jalan Thamrin, puluhan tahun dipaksa menghirup bau busuk limbah yang dibuang ke sungai Gandong,” kata Muhamad Ikbal, warga setempat.

Berita ini 173 kali dibaca

Share :

Baca Juga

BERITA UPDATE

Yayasan Dompet Dhuafa Kirim Bantuan Penyemprotan Desinfektan

BERITA UPDATE

Sampan terbalik, Santri Tewas Tenggelam.

PEMERINTAHAN-POLITIK

Kapolres Magetan : Pilkada Kami Dapat Hibah Rp 3 Miliar.

BERITA UPDATE

Tambah 4 Orang, Jumlah Positif Capai 67 Kasus.

BERITA UPDATE

Jalan Thamrin Terancam Putus Total.

BERITA UPDATE

Fraksi- Fraksi Dewan Angkat Isu Tarif PDAM dan Lambatnya Penyerahan R-APBD Tahun 2018.

BERITA UPDATE

100 Personil Amankan Pelantikan PPK dan PPS.

BERITA UPDATE

Jatah Wakil Ketua Dewan Dari PKB Masih Kosong.
error: