Home / Hukum & Kriminal / Peristiwa

Jumat, 7 Februari 2020 - 16:31 WIB

Kejar Proyek Fiktif Baleasri, Penyidik Bakal Periksa Pejabat Pemkab Magetan

Agus Zaeni, Kasi Pidana Khusus Kejari Magetan.(Norik/Magetan Today)

Agus Zaeni, Kasi Pidana Khusus Kejari Magetan.(Norik/Magetan Today)

Magetan Today
Bola panas Kasus dugaan korupsi Dana Desa (DD) didesa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo kini menggelinding liar.

Dua saksi yang diperiksa Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan yakni pemilik toko Alat Tulis Kantor (ATK) dan pemilik toko bangunan diwilayah Kecamatan Ngariboyo mengamini jika stempel dan nota pembelian barang oleh Pemerintah desa (Pemdes) Baleasri, Kecamatan Ngariboyo adalah palsu.

” Keterangan dari pemilik toko bangunan stempelnya palsu, termasuk material belanja yang ditulis di nota pembelian barang,” kata Agus Zaeni, Kepala seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Magetan, Jumat ( 7/2).

Berhasil membongkar praktik pemalsuan pengadaan barang oleh Pemdes Baleasri pada DD Tahun 2017-2018, kini Penyidik Kejari Magetan akan mengarahkan alat ujinya kepada sejumlah pejabat dilingkup Pemkab Magetan terkait dugaan korupsi DD didesa Baleasri. ” Pasti akan kami klarifiasi,” jelas Kasi Pidsus Kejari Magetan.

Bagi penyidik, keterangan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sejalur dengan kucuran dan belanja Dana Desa di Kabupaten Magetan sangat penting, khususnya bidang pengawasan baik ditingkat Kecamatan hingga Kabupaten. ” Bagi kami penting, khususnya metode pengawasan belanjanya,” ujar Agus Zaeni.

Praktik dugaan korupsi Dana Desa di Desa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo diduga bakal menyeret sejumlah pihak, karena terjadi sejak Tahun Anggaran (TA) 2017 hingga TA 2018.

Pasalnya, selama dua tahun anggaran itu , Kejari Magetan menemukan berbagai penyelewengan belanja Dana Desa, salah satunya proyek fisik fiktif yang ironisnya lolos dari pengawasan pejabat terkait.

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Mimpi Widhi Angkat Derajat “Wong Cilik”

Pendidikan

Alhamdulilah, Dinda Kembali Sekolah

Peristiwa

Pendaki Gantung Diri Di Hargodalem Lawu

Peristiwa

Polisi Pastikan Bus Maut Layak Jalan

Pemerintahan-Politik

Ketua DPRD Tolak Impor Beras.

Pemerintahan-Politik

Upah Buruh Magetan Rp 1,9 Juta!

Pariwisata

Teror Tidak Pengaruhi Kunjungan Wisata.

Peristiwa

Joko Suyono : Purwodadi Layak Jadi Desa Wisata.
error: