Home / Berita Update / Pemerintahan-Politik

Minggu, 6 September 2020 - 16:57 WIB

Jadi Temuan BPK, Dana KUKM Rp 4,6 Miliar Diparkir Di Kasda.

Kantor Dinas PPKBPP dan PA Kabupaten Magetan, ( Norik/Magetan Today).

Kantor Dinas PPKBPP dan PA Kabupaten Magetan, ( Norik/Magetan Today).

Magetan Today
Dana Kredit Usaha Kelompok Mandiri (KUKM) Kabupaten Magetan senilai Rp 4,6 Miliar kini mandeg di Kas daerah (Kasda).

Uang miliaran yang sebelumnya berada di Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPP dan PA) Kabupaten Magetan tersebut, kini harus diparkir setelah beberapa waktu lalu jadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Namun, belum semua dana KUKM tuntas dikirim ke Kasda, pasalnya saat ini masih ada kurang lebih Rp 300 jutaan yang masih berada di anggota KUKM. ” Terus kita tagih,” kata Furiana Kartini, Kepala Dinas PPKBPP dan PA Kabupaten Magetan, Minggu (6/9).

Menurut Furiana, hasil tagihan pada kelompok KUKM akan langsung mengalir ke Kasda Magetan. ” Tagihan dari kreditur akan langsung mengalir ke Kasda melalui rekening,” jelasnya.

Terpisah, Inspektorat Magetan mengamini program KUKM Dinas PPKBPP dan PA Kabupaten Magetan telah menjadi temuan BPK dan saat ini proses pengembalian pada Kas daerah. ” Memang telah menjadi temuan BPK, dan akan ditagih terus,” ungkap Imam Fauzi, Plt Kepala Inspektorat Magetan.

Sumber yang dihimpun, dana KUKM mulai mengalir ke Kabupaten Magetan tahun 1994 melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) senilai Rp 3 Miliar. Selanjutnya Tahun 2006 Pemkab Magetan melalui APBD menambahi program itu senilai Rp 2 Miliar.

Namun, karena ada temuan BPKP Jawa Timur, dana yang sebelumnya dikelola Dinas PPKBPP dan PA Kabupaten Magetan tersebut ditarik ke Kasda Magetan menunggu regulasi aturan yang baru.

Berita ini 261 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Telaga Sarangan Ditutup

Berita Update

(Vidio) Apa Kata Dahlan Iskan (DI) Tentang Gus Amik-Joko Suyono?

Berita Update

Pendaki Meninggal Dipuncak Lawu.

Berita Update

Dewan Dan Pemkab Sahkan 8 Raperda.

Berita Update

Honor Pengatur Lalin Non PNS, Sedot Rp 666 Juta.

Berita Update

Polisi Gulung 28 Pelaku Kejahatan.

Berita Update

Proyek Twinroad, Target Dinas PUPR September Dikerjakan.

Berita Update

Gasak SMAGA, SMKN Bendo Juarai CSL 2020.