Home / Hukum & Kriminal / Pemerintahan-Politik

Senin, 6 November 2017 - 09:25 WIB

Dinsos Minta Publik Waspadai Penggalangan Dana Ilegal.

Sucipto, Plt Kepala Dinsos Magetan.

Magetan Today
Dinas sosial (Dinsos) Kabupaten Magetan meminta masyarakat mewasdai aktivitas penggalangan dana yang dilakukan oleh kelompok atau  komunitas yang tidak berijin.

Pasalnya, penggalangan dana yang tidak mengantongi ijin masuk kategori Pungutan liar (Pungli). ” Masyarakat  harus waspada terkait aksi penggalangan dana yang tidak berijin,” kata Sucipto, Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan, Senin (6/11).

Sesuai Keputusan Menteri Sosial (Kepmensos) Republik Indonesia nomor 56/HUK/1996 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan oleh Masyarakat, bahwa setiap organisasi atau komunitas yang melakukan pengumpulan sumbangan wajib berbadan hukum serta memiliki struktur kepanitiaan.” Aturan yang tertuang pada Kepmensos sudah jelas. Pada pasal 8 ditegaskan, organisasi atau komunitas harus memiliki badan hukum, Anggaran Dasar (AD) , Anggaran Rumah Tangga (ART) serta kepanitiaan,’ tegas Sucipto.

Aturan menarik dana publik, juga harus dilengkapi ijin dari Kepala daerah, Gubernur hingga Menteri Sosial berdasarkan ruang lingkup komunitas atau lembaga tersebut.” Ketika organisasi atau komunitas sudah berbadan hukum, untuk melakukan pengumpulan sumbangan pada masyarakat  tetap harus mendapatkan ijin pejabat yang berwenang, sesuai dengan Kepmensos yang disebutkan pada pasal 2,” pungkas Plt Dinsos Magetan.

Berita ini 137 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita Update

Masa Tanam III, SDA Klaim Pasokan Air Irigasi Aman.

Berita Update

Begal Sadis Dibekuk Buser

Berita Update

Jatah BST 2.085 Warga Miskin Molor.

Berita Update

Dewan Prihatin Dugaan Korupsi DD Baleasri.

Berita Update

Jatah Peti Mati Menipis, BPBD Bakal Ajukan Tambahan.

Berita Update

Besok, Ratusan Honorer K2 Datangi Bupati.

Berita Update

Calon Capres, Zulhasan Didoakan Ribuan Kader PAN.

Berita Update

Kajari Siap Buka Rekam Jejak Peserta Lelang Jabatan.
error: